Kapal Pinisi Terbakar di Labuhan Bajo, 20 Wisatawan Selamat

Jum'at, 10 September 2021 - 21:43 WIB
loading...
Kapal Pinisi Terbakar di Labuhan Bajo, 20 Wisatawan Selamat
Kebakaran kapal pinisi KM Lexxy di perairan Labuan Bajo-Menjerite, Manggarai Barat, NTT, Jumat sore (10/9/2021). Foto/iNews TV/Yoseph Mario Antognoni
A A A
MANGGARAI BARAT - Kapal Pinisi bernama KM Lexxy yang melakukan perjalanan wisata di sekitar perairan Labuan Bajo -Menjerite, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar Jumat sore (10/9/2021). Kapal yang mengangkut 20 orang penumpang wisatawan domestik ini terbakar saat para penumpang akan melakukan snorkling di perairan Menjerite.

Meski kapal terbakar, namun seluruh wisatawan dan para kru kapal berhasil diselamatkan. Kasat Reskrim Polres Manggarai Barat, Iptu Yoga Darma Susanto menjelaskan, KM Lexxy diduga terbakar akibat adanya korsleting di genset kapal.

Baca juga: Hari Ke-4 Kebakaran Kapal Perang AS, Panasnya 538 Derajat Celsius

"Dari keterangan Ambotang, Kapten KM Lexxy saat insiden terbakarnya kapal terjadi sekitar pukul 15.00 wita. Api terlihat berasal dari genset yang terletak di atas anjungan kapal," ujar Yoga.

Melihat kobaran api, para kru kapal yang berjumah 8 orang langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib, dan juga meminta pertolongan dari kapal lainnya, yakni kapal KM Anjani untuk menyelamatkan para tamu.

Ditambahkan Yoga, saat terjadi kebakaran para kru kapal yang juga dibantu kapal-kapal yang berada di sekitar lokasi kejadian dan petugas gabungan dari Polres Manggarai Barat, Pol Air, TNI AL, cost guard, dan Basarnas mengevakuasi para tamu menggunakan KM Anjani.

Baca juga: Ibu dan Anak Gadisnya Dibunuh dan Dilucuti Bajunya, Ada Hasil Labfor Polisi Periksa Saksi Baru

Pada saat kejadian KM Anjani sedang berada di sekitar perairan Menjerite. Untuk melakukan pemadaman api, personel gabungan dan ABK KM Lexxy menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang sudah tersedia didalam kapal KM Lexxy.

"Saat ini para penumpang kapal dan ABK Kapal KM Lexxyl sudah berhasil di evakuasi, dan sudah sampai di Labuan Bajo dengan selamat. Para kru kapal dan juga dibantu personel gabungan juga tadi sempat i melakukan pemadaman dengan alat seadanya agar kerusakan kapal tidak sampai meluas ke bagian bawah kapal," tambah Yoga.

Menurut pengakuan Kapten kapal KM Lexxy, kerugian diperkirakan mencapai Rp50 juta lebih, apalagi terlihat 10 persen bagian dari kapal tampak sudah hangus terbakar.

Saat ini menurut Yoga penyelidikan peristiwa terjadi terbakarnya kapal KM Lexxy ditangani langsung oleh Pol Air Polda NTT yang berada di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Untul diketahui, 20 wisatawan domestik ini melakukan perjalanan wisata dengan tujuan Pulau Kelor dan Perairan Menjerite untuk melakukan snorkling dan menyelam. Sekitar pukul 12.00 wita kapal KM Lexxy berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo dengan rute perjalanan wisata Labuan Bajo - Pulau Kelor - Menjerite.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)