Bupati Tulangbawang Hadiri Seleksi Final Lomba Teknologi Tepat Guna Nasional XXII 2021

Jum'at, 10 September 2021 - 19:39 WIB
loading...
Bupati Tulangbawang Hadiri Seleksi Final Lomba Teknologi Tepat Guna Nasional XXII 2021
Bupati Tulangbawang Winarti menghadiri zoom meeting seleksi final lomba Teknologi Tepat Guna Nasional XXII 2021 di Gedung Serba Guna Menggala, Tulangbawang, Kamis (9/9/2021).
A A A
KOTA MENGGALA - Bupati Tulangbawang Winarti menghadiri zoom meeting seleksi final lomba Teknologi Tepat Guna Nasional XXII 2021 di Gedung Serba Guna Menggala, Tulangbawang, Kamis (9/9/2021).

Inovasi teknologi tepat guna yang diciptakan petani Tulangbawang adalah mesin penggiling padi mini serbaguna dengan kualitas yang premium dan tanpa sekam.

Dengan teknologi inovatif tepat guna ini petani bisa menghasilkan padi siap jual dan menghadirkan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. Diharapkan dengan mesin penggling padi mini (multi purpose processing machine) yang diberi nama Lesung Milenium ini, petani dapat menghasilkan keuntungan dan nilai tambah yang lebih baik dari beras yang dijual maupun dedak.

Multi purpose processing machine adalah alat sederhana serbaguna yang dikembangkan oleh Nurhadi asal Kampung Batanghari, Kecamatan Rawapitu. Mesin ini bisa untuk menggiling gabah menjadi beras premium tanpa limbah sekam, menggiling sekam menjadi dedak halus untuk pakan ternak, menggiling beras dan jagung, gaplek menjadi tepung, mengupas sorgum, dan lain-lain.

Multi Purpose Processing Machine menjadi Juara 1 lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Provinsi Lampung yang diselenggarakan 6 Juli 2021 dan mewakili Lampung dalam lomba TTG unggulan tingkat nasional, hari ini, Jumat (10/9/2021).

Dalam seleksi final dipaparkan system operasi dan kelebihan mesin, proses pengerjaan produk yang akan diolah hingga siap pakai atau produk jadi yaitu berupa butir padi yang bersih dan berkualitas hanya dengan dua kali pengolahan.

Mesin giling padi mini multifungsi ini sudah digunakan Poknas Program Kreative Mandiri Kabupaten Tulang Bawang dan beberapa provinsi lainnya di Indonesia. Pemesan mesin ini kebanyakan petani pemilik lahan sawah dan pengusaha bidang pertanian. Mesin ini telah dipasarkan secara luas di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Pengiriman dan penginstalan secara langsung atau melalui jasa expedisi.

Bupati Winarni berharap produk unggulan ini akan menjadi pemenang dalam lomba TTG tingkat nasional. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)