AKBP Juliani Prihartini, Kapolres Wanita Pertama di Padangsidimpuan

Selasa, 21 April 2020 - 16:20 WIB
loading...
AKBP Juliani Prihartini, Kapolres Wanita Pertama di Padangsidimpuan
AKBP Juliani Prihartini, Kapolres Padangsidimpuan pertama dari kalangan perempuan. Foto/SINDOnews/Zia Nasution
A A A
PADANGSIDIMPUAN - Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, mencatatkan sejarah baru sejak Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Juliani Prihartini, dipindah-tugaskan menjadi Kapolres di Polres Padangsidimpuan. Bagaimana tidak, beliau merupakan Kapolres pertama dari kalangan perempuan.

Perempuan di Kota Salak layak berbangga, karena yang menjadi pimpinan tertinggi di Polres Padangsidimpuan berasal dari Perempuan. Senyum AKBP Juliani Prihartini selalu terlihat ketika bertemu dengan masyarakat. Namun, dibalik senyumannya itu tersimpan ketegasan ketika memberikan arahan kepada seluruh personel di Polres Padangsidimpuan. (Baca juga : Perjuangan Kartini Medan Penyapu Jalanan saat Wabah Covid-19 yang Tetap Bekerja )

Perempuan yang pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polrestabes Medan itu lahir di Sei Rotan, Tembung, Deli Serdang, pada 25 Oktober 1976. Bola voli adalah hobinya. Dari kebiasaan itu dia masuk menjadi seorang polisi. Bermain voli sudah dimulainya sejak duduk di bangku SMP hingga tamat SMEA.

Diceritakannya, dia pernah mengikuti turnamen bola voli antar klub di Sumatera Utara. Kala itu, dia melihat banyak polisi wanita (polwan) yang ikut pertandingan. turnamen yang diikutinya itu ternyata menjadi motivasi sendiri untuk masuk polisi.

Bagi mantan Kepala Bagian Pembinaan dan Operasional (Kabagbinopsnal) Ditlantas Polda Sumut itu, seorang perempuan harus mempunyai tekad kuat guna meraih cita-cita. Setelah menamatkan sekolah di SMEA, Juliani akhirnya mencoba masuk seleksi penerimaan bintara di Medan. Beruntung, saat itu dia lulus dan langsung ditugaskan di Aceh.

Dengan prestasi yang dimilikinya, Juliani terpilih mengikuti program pendidikan Diploma III di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Setelah tamat, Juliani kembali melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana di PTIK. Saat Lulus, ia pun dipercaya menjabat sebagai Kapolsek Medan Area, Kasatlantas Polres Tebing Tinggi, Kapolsek Medan Timur, dan Kasatlantas Polrestabes Medan.

Di Hari kartini ini, Juliani berpesan kepada seluruh perempuan, terutama di Padangsidimpuan agar terus semangat meningkatkan kemampuan, sehingga bisa memberi manfaat bagi keluarga dan orang sekelilingnya.

"Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena selangkah lagi untuk menang," ujar Kapolres menutup pembicaraanya dengan SINDOnews.
(nfl)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3657 seconds (0.1#10.140)