Miris, Ribuan Guru Honorer di Sumsel Belum Gajian

Jum'at, 03 September 2021 - 09:36 WIB
loading...
Miris, Ribuan Guru Honorer di Sumsel Belum Gajian
Penjabat Sekretaris Daerah Sumsel Suman Asra Supriono mengatakan, penyaluran tunjangan bagi 9.335 guru honorer tersebut saat ini masih terkendala validasi data nomor rekening pribadi guru. SINDOnews/Dede
A A A
PALEMBANG - Pencairan uang tunjangan bagi ribuan guru honorer Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) Sumatera Selatan (Sumsel) yang semestinya telah rampung pada Agustus lalu, nyatanya hingga kini belum juga terealisasi.

Penjabat Sekretaris Daerah Sumsel Suman Asra Supriono mengatakan, penyaluran tunjangan bagi 9.335 guru honorer tersebut saat ini masih terkendala validasi data nomor rekening pribadi guru.

"Ada rekening guru yang ditemukan sudah mati atau habis masa tenggang, lalu ada yang belum memiliki rekening pribadi, ataupun aktif namun pemilik rekening meninggal dunia. Permasalahan seperti sangat mengganggu proses bagi rekening yang masih aktif," ujar Supriono, Jumat (3/9/2021).

Untuk mengatasi kendala tersebut, lanjut Supriono, pihaknya menyarankan agar memprioritaskan pendistribusian tunjangan terhadap guru honor yang nomor rekeningnya aktif sehingga tidak berlarut dalam permasalahan ini.

Sebab, kata Supriono, semua syarat administrasi sudah selesai dan telah ditandatangani berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 427/KPTS/Disdik/2021 beberapa waktu lalu.

"Bayarlah dulu yang nomor rekeningnya aktif, sementara yang tidak aktif agar menyelesaikan di unit sekolahnya masing-masing," ujarnya. Baca: Endapan Lumpur di Saluran Box Culvert Surabaya Barat Terus Menumpuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Riza Fahlevi mengatakan, uang tunjangan guru honor telah tersedia sebesar Rp21 miliar, namun karena permasalahan validasi data menjadikan penyalurannya terhambat.

"Kita akan segera minta guru honorer melakukan validasi data nomor rekening pribadi dan unit sekolah masing-masing harus memfasilitasi dengan baik. Mudah-mudahan beberapa hari ini ada kepastiannya," ujarnya. Baca Juga: Mesin Mati saat di Tanjakan, Mobil Terperosok ke Jurang Tepi Jalan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)