Ini Alasan Penghulu Jenaka yang Viral asal Malang Buat Nasehat Pernikahan Lucu

Kamis, 02 September 2021 - 08:22 WIB
loading...
Ini Alasan Penghulu Jenaka yang Viral asal Malang Buat Nasehat Pernikahan Lucu
Penghulu kocak asal Malang Anas Fauzi, yang videonya viral beredar di media sosial mengaku punya maksud tertentu. MPI/Avirista
A A A
MALANG - Penghulu kocak asal Malang Anas Fauzi, yang videonya viral beredar di media sosial mengaku punya maksud tertentu. Penghulu di Kantor Urusan Agama (KUA) Lowokwaru Kota Malang ini ingin agar nasehat - nasehat dalam suatu pernikahan yang biasanya disampaikan para penghulu diingat.

"Tujuannya apa biar anak - anakku yang manten anyar (pengantin baru) atau yang mau menikah , atau yang sudah menikah, menambah wawasan atau mengingat lagi ilmu pernikahan," ucap Anas Fauzi, ditemui MNC Portal Indonesia di kediamannya di Jalan Jembawan XII, Malang, pada Rabu malam (1/9/2021).

Menurutnya, ada banyak hal yang harus diingat para calon pengantin baru, saat akan mengarungi kehidupan berumah tangga. Maka ia pun mencoba mengemas nasehat - nasehat pernikahan, menjadi sebuah materi ringan yang dikemas lucu, namun tetap mengena ke yang mendengarnya.

"Paling tidak adalah rumah tangga tidak coba - coba, tapi betul - betul terperhatikan meraih rumah tangga bahagia, maka diberi pesan - pesan moral, nasihat - nasihat agama seperti itu," terangnya.

Pria yang juga Kepala KUA Lowokwaru Kota Malang ini ada banyak nasehat - nasehat pernikahan yang kerap disampaikannya. Nasehat itu mulai dari calon pengantin harus berpendidikan tinggi, penyelarasan rohani jasmani, persiapan psikologi dan psikososial.

"Pendidikan dengan cara berpikir luas, cara berpikir cerdas, Insya Allah problematika rumah tangga bisa teratasi dengan cepat selesai. Nggak sampai ada perceraian, nggak sampai ada apapun, karena pendidikan kita bagus," pesan pria yang 12 tahun menjadi penghulu ini.

Pesan - pesan itulah yang kerap ia sampaikan sehingga banyak calon pengantin, keluarga, kerabat, dan undangan pengantin terkesan, hingga akhirnya viral beredar di media sosial.

"Unsur lain lagi apa yang disiapkan bahagia psikologi, artinya memaklumi kekurangan orang lain, siapa para istri, suami jangan sok kasar, istri juga demikian, jangan mengabaikan suami itu namanya psikososial," tuturnya.

Dengan nasehat - nasehat lucunya beberapa pengantin yang telah mengarungi rumah tangga kerap kali masih bersilaturahmi dengannya. Beberapa pengantin bahkan pernah datang ke kediamannya untuk sekedar berterima kasih atas nasehat yang diberikan saat menjadi calon pengantin.

"Banyak yg terima kasih nasihatnya, punya anak silaturahmi ke sini, ketemu di jalan menyapa pak Mudin, bahkan tahun - tahun lama entah berapa nikah masih diingat," tuturnya. Baca: Cerita Penghulu Jenaka yang Viral: Ada Calon Pengantin Kesulitan Ucap Maskawin hingga Batal Nikah.

Kini dengan viralnya video nasehat - nasehatnya ia mengaku bersyukur lantaran bisa memberikan wejangan ilmu yang dapat menarik masyarakat umum. Apalagi video - video yang diunggah bersifat menghibur di tengah pemberlakuan PPKM darurat dan PPKM level 4 di Malang raya.

Namun pria yang juga pengasuh Ponpes Ar Rozzaq Desa Slamperejo, Kecamatan Jabung viralnya dirinya tak bisa dilepaskan dari takdir Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Biasa saja, ini kan karena pembagian dari Allah ini karena ridho-Nya Allah. Saat ini barangkali dari KUA Lowokwaru yang begini, ketika nanti Allah berikan ke KUA - KUA lainnya. Jumlah KUA banyak di Malang kota ada lima, belum kabupaten (Kabupaten Malang) 33, (kota) Batu ada 3, dijumlah berapa, belum KUA lain se-Indonesia, tambah banyak, pas bertepatan PPKM, obatnya KUA Lowokwaru," tandasnya. Baca Juga: Dua Kali Terpapar COVID-19, Dokter yang Bertugas di Batu Bara Meninggal Dunia.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5018 seconds (0.1#10.140)