Bupati Banyuasin: Masyarakat Banyuasin Harus Cintai Pangan Lokal

Rabu, 01 September 2021 - 21:06 WIB
loading...
Bupati Banyuasin: Masyarakat Banyuasin Harus Cintai Pangan Lokal
Pembukaan festival pangan lokal, festival rempah dan lomba masak serba ikan di Kabupaten Banyuasin 2021 dibuka langsung oleh Bupati Banyuasin Askolani.
A A A
PANGKALAN BALAI - Pembukaan festival pangan lokal, festival rempah dan lomba masak serba ikan di Kabupaten Banyuasin 2021 dibuka langsung oleh Bupati Banyuasin Askolani, diselenggarakan selama dua hari, 1-2 September di Graha Sedulang Setudung, Rabu (01/09/2021).

Selain mengangkat kekayaan lokal yang ada di Kabupaten Banyuasin, upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuasin yakni menyeimbangkan konsumsi pangan sumber karbohidrat selain beras serta mendukung program Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Menginventaris sumber kekayaan rempah lokal dan membudayakan masyarakat Banyuasin untuk mengembangkan tanaman pangan rempah di rumah masing-masing seperti tanaman obat dan umbi-umbian.

Bupati Banyuasin: Masyarakat Banyuasin Harus Cintai Pangan Lokal


Askolani mengatakan agar masyarakat Banyuasin harus kembali ke pola lama dalam konsumsi pangan lokal, kembali memanfaatkan sumber karbohidrat seperti jagung, ubi kayu dan lain-lainnya selain beras.

"Mari kita mencintai masakan rumah dari kekayaan sumber alam kita sendiri. Mengurangi banyak konsumsi pangan luar dan makan apa yang memang menjadi kekayaan kita sendiri," ucapnya.

"Inilah guna diadakannya festival Gerakan Tanam Sayur (GERTAS) dan Gerakan Tanam Obat, Rempah dan Umbian (TOBARU) harus kita paksakan untuk kebaikan kita bersama," ujarnya lebih lanjut.

Gerakan Bersama Masyarakat Kabupaten Banyuasin sangat diapresiasi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Ruzuan Efendi, yang salah satu upayanya dilakukan dengan diadakannya Festival Pangan Lokal dan Rempah ini.

"Upaya Pemerintah untuk terus menggalangkan peningkatan konsumsi pangan lokal yang bertujuan agar menyeimbangan gizi dan protein untuk kesehatan bersama," katanya.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin Sri Fitriyanti Askolani. Tim penggerak PKK sebagai mitra pemerintah daerah akan mendorong dan membantu terwujudnya gerakan konsumsi pangan lokal demi terwujud Banyuasin Sehat. Konsumsi pangan yang seimbang dapat mengurangi *stunting, gizi buruk *dan tentu saja sangat baik dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Dokter cantik ini juga menegaskan bahwa, PKK akan terus mewajibkan setiap tim penggerak PKK kecamatan untuk melakukan 12 Gerakan Bersama Masyarakat menuju Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)