Dorong Peningkatan Gizi Keluarga, Potensi Pangan Lokal Solo Digalakkan

Kamis, 17 Agustus 2023 - 19:31 WIB
loading...
Dorong Peningkatan Gizi Keluarga, Potensi Pangan Lokal Solo Digalakkan
Potensi pangan lokal di antaranya apem digalakkan dalam program Jelajah Gizi 2023. Foto gunungan apem yang diarak saat kirab tradisi. Foto/Ilustrasi/iNews/Budi Utomo
A A A
SOLO - Kota Solo memiliki beragam makanan lokal yang khas dan unik dengan nilai gizi tinggi yang bisa mendorong peningkatan pemenuhan nutrisi keluarga. Oleh karena itu pemanfaatan potensi pangan lokal kini digalakkan.

Kekayaan pangan di Indonesia didukung dengan keragaman daerah dan budaya yang membuat jenis makanan lokal menjadi sangat unik dan beragam, termasuk di Solo. Potensi ini mendukung harapan akan lahirnya sumber daya manusia (SDM) yang unggul lantaran kebutuhan makro dan mikro nutrien harian terpenuhi dengan baik.



Namun dalam kenyatannya, saat ini Indonesia masih mempunyai tantangan dalam mengatasi masalah stunting, wasting dan obesitas.

Dalam upaya menyebarkan informasi seputar kekayaan gizi dari potensi pangan lokal digelar program Jelajah Gizi 2023 dengan tema Eksplorasi Potensi Pangan Lokal untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Keluarga di Solo dan sekitarnya. Program ini juga dalam rangka memperingati HUT Ke-78 RI.

Perwakilan Pura Mangkunegara, Gusti Raden Ajeng (GRAj) Ancillasura Marina Sudjiwo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Solo dikenal dengan kekayaan budaya dan kulinernya. Namun belum banyak yang mengetahui bahwa ragam kuliner khas Kota Solo di mana menyimpan banyak cerita budaya hingga ragam nutrisi dan gizi yang baik bagi kesehatan.

"Kota Solo sering disebut disebut lokasi perjamuan yang menjadi incaran wisatawan untuk berburu makanan karena ragam kuliner yang hadir di kota ini. Seperti halnya pangan kerajaan yang ada di Mangkunegaran yang menyimpan makna dari setiap pangan yang dihidangkan, contohnya apem, ketan, kolak yang sarat akan filosofi,” ujarnya.


Apem adalah jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan telur, santan, gula dan sedikit garam. Kemudian adonan itu dibakar menggunakan tungku.

Jajanan apem ini biasanya disediakan di acara-acara tertentu di Mangkunegaran yang menandakan bahwa manusia memohon pengampunan. Sedangkan kolak berasal dari kata khalik, yaitu Sang Pencipta. Kolak ini isinya pisang kepok, yang jika orang Jawa bilang ben kapok (supaya kapok) sehingga bertobat.

Kemudian ketan merupakan sajian yang diharapkan dapat mempererat hubungan sesama manusia. Ini terlihat dari ketan yang lengket sehingga menyimbolkan hubungan yang erat antar sesama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)