Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Hius Paus Sepanjang 12 Meter Ditemukan Tak Bernyawa di Perairan Raja Ampat

loading...
Hius Paus Sepanjang 12 Meter Ditemukan Tak Bernyawa di Perairan Raja Ampat
Warga temukan hiu paus sepanjang 12 meter dalam kondisi mati di perairan Raja Ampat. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripatty
RAJA AMPAT - Seekor hiu paus jenis Physeter macrorhynchus sepanjang 12 meter, dengan lebar tiga meter, ditemukan warga di perairan Pulau Gam, Raja Ampat, Papua Barat. Hiu paus tersebut ditemukan dalam kondisi telah mati.

Baca juga: Nelayan di NTT Temukan Ikan Paus Mati Terdampar Penuh Luka

Warga melaporkan kejadian tersebut ke instansi teknis, dan langsung ditindaklanjuti oleh petugas dari Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Daerah (BLUD UPTD) Pengelolaan Kawasan Kawasan Konservasi Perairan, bersama Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (Loka PSPL) Sorong, dengan mengevakuasi hewan laut terbesar itu.





Saat petugas tiba di lokasi pertama kalinya bangkai hiu paus tersebut ditemukan, ternyata bangkainya sudah tidak terlihat lagi. Setelah dilakukan upaya pencarian, bangkai ikan baru ditemukan di perairan dekat Kampung Arborek.

Baca juga: Tangis Pecah di Karo, 5 Orang Korban Logsor Ditemukan Tak Bernyawa

Kepala Blud Uptd Waisai, Safri mengatakan, hiu paus sepanjang 12 meter tersebut telah berhasil di evakuasi ke tempat yang aman. Butuh waktu sekitar enam jam lamanya, untuk mengevakuasi bangkai ikan raksasa tersebut.

Dia menjelaskan, bahwa ada tiga cara pemusnahan yang didiskusikan oleh BLUD UPTD KKP Raja Ampat, dan Loka PSPL Sorong, yakni pertama pemusnahan dengan cara dikubur, dibakar, dan dibiarkan membusuk secara alami pada satu tempat.

Baca juga: Diduga Kabin Panas, Truk Boks Terbakar di Sleman
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top