Hius Paus Sepanjang 12 Meter Ditemukan Tak Bernyawa di Perairan Raja Ampat

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 14:49 WIB
loading...
Hius Paus Sepanjang 12 Meter Ditemukan Tak Bernyawa di Perairan Raja Ampat
Warga temukan hiu paus sepanjang 12 meter dalam kondisi mati di perairan Raja Ampat. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripatty
A A A
RAJA AMPAT - Seekor hiu paus jenis Physeter macrorhynchus sepanjang 12 meter, dengan lebar tiga meter, ditemukan warga di perairan Pulau Gam, Raja Ampat, Papua Barat. Hiu paus tersebut ditemukan dalam kondisi telah mati.



Warga melaporkan kejadian tersebut ke instansi teknis, dan langsung ditindaklanjuti oleh petugas dari Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Daerah (BLUD UPTD) Pengelolaan Kawasan Kawasan Konservasi Perairan, bersama Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (Loka PSPL) Sorong, dengan mengevakuasi hewan laut terbesar itu.



Saat petugas tiba di lokasi pertama kalinya bangkai hiu paus tersebut ditemukan, ternyata bangkainya sudah tidak terlihat lagi. Setelah dilakukan upaya pencarian, bangkai ikan baru ditemukan di perairan dekat Kampung Arborek.



Kepala Blud Uptd Waisai, Safri mengatakan, hiu paus sepanjang 12 meter tersebut telah berhasil di evakuasi ke tempat yang aman. Butuh waktu sekitar enam jam lamanya, untuk mengevakuasi bangkai ikan raksasa tersebut.

Dia menjelaskan, bahwa ada tiga cara pemusnahan yang didiskusikan oleh BLUD UPTD KKP Raja Ampat, dan Loka PSPL Sorong, yakni pertama pemusnahan dengan cara dikubur, dibakar, dan dibiarkan membusuk secara alami pada satu tempat.



"Cara pertama dan kedua itu sangat susah. Cara pertama dikubur tim harus mencari alat berat diangkut ke pulau agar bisa menggali lubang untuk ditimbun, karena hiu paus tersebut sangat besar," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2820 seconds (0.1#10.140)