Gunung Andong di Magelang Terbakar, 9 Hektare Lahan Hangus

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 08:08 WIB
loading...
Gunung Andong di Magelang Terbakar, 9 Hektare Lahan Hangus
Kobaran api membakar kawasan lereng Gunung Andong di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Foto/Ist
A A A
MAGELANG - Hutan Gunung Andong di wilayah Dusun Temu, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang , Jawa Tengah hangus terbakar , Kamis (26/8/2021). Titik kebakaran berada di petak 26E.

Adapun luas lahan terbakar mencapai 9 hektare. Rumput ilalang dan semak belukar yang berada di lahan tersebut hangus terbakar. Perhutani KPH Kedu Utara, Satgas, TRC BPBD Kabupaten Magelang, Forkompimcam Ngablak, relawan dan warga melakukan penyisiran dan pemadaman, Jumat (27/8/2021).

Baca juga: Awan Panas Gunung Merapi, Sejumlah Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu

Kebakaran pertama kali diketahui oleh warga Desa Jogoyasan, Ngablak pada Kamis (26/8/2021) sekitar pukul 09.00 WIB. Warga melihat kepulan asap dari arah puncak Gunung Andong.

Baca juga: Dikepung Tokoh Parpol, Pengamat Politik Unpad: Elektabilitas Ridwan Kamil Paling Stabil

"Ada kepulan asap di sekitar puncak (Gunung Andong). Kelihatannya, kepulan asap itu berada di wilayah Dusun Temu, Desa Girirejo. Tapi jauh dari dusun," kata Parlan (43) warga Jogoyasan.

Kebakaran langsung dilaporkan ke pihak terkait. Selanjutnya, Perhutani KPH Kedu Utara, Satgas, TRC BPBD Kabupaten Magelang, relawan dan warga melakukan penyisiran dan pemadaman.

Pada pukul 15.20 WIB, kepulan asap sudah tidak terlihat di wilayah Desa Jogoyasan. Namun muncul titik api di wilayah Desa Pagergunung sebanyak 5 titik. Lokasi tersebut jauh dari pemukiman warga dan lokasi sulit dijangkau lantaran berbatasan dengan jurang.

Berdasarkan hasil essesment pihak Perhutani, luas hutan yang terbakar mencapai 9 hektare. Jenis vegetasi yang terbakar adalah tumbuhan perdu.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)