Ribuan Santri dan Masyarakat Maritim Tegal Jadi Target Serbuan Vaksinasi TNI AL

Rabu, 25 Agustus 2021 - 16:27 WIB
loading...
Ribuan Santri dan Masyarakat Maritim Tegal Jadi Target Serbuan Vaksinasi TNI AL
Pelaksanaan vaksinasi masyarakat maritim di Tegal oleh TNI AL Koarmada II.
A A A
SURABAYA - Selain Jawa Timur, Koarmada II juga melebarkan ekspansi serbuan vaksinasinya ke wilayah Jawa Tengah. Koarmada II kembali menggelar serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim dan para santri yang berada di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (25/8/2021)

Sebanyak 30.000 jiwa dengan usia 18 tahun ke atas dan belum mendapatkan vaksin sama sekali (Vaksinke-1), antusiar mengikuti serbuan vaksinasi yang dipusatkan di Stadion Trisanja Slawi.

Panglima Koarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto menerangkan, untuk mencapai target, serbuan vaksin Koarmada II bersama Pemkab Tegal ini bakal digelar selama dua hari. Yakni mulai Rabu hingga Kamis (26/8) yang dibuka dari pukul 07.00 - 16.00 WIB.

Baca juga: Bertahap Selama Dua Hari, 5.000 Santri Lirboyo Kediri Divaksin Sinovac

Demi kelancaran jalannya kegiatan, Koarmada II bersama Lanal Tegal, Lanal Semarang, Dinkes Tegal, Lanal Cilacap dan Stikes Hang Tuah Surabaya menerjunkan 360 tenaga kesehatan sebagai vaksinator. Sedangkan vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac.

Dalam waktu bersamaan, vaksinasi juga digelar di dua lokasi lainnya yakni Sarana Olahraga Desa Kalibakung, dan Pantai Purwahamba Indah Kabupaten Tegal. Serta dua pondok pesantren yaitu Pondok Pesantren Ma'Hadut Tholabah yang berada di Dukuh Babakan, Desa Jatimulya Kecamatan Lebaksiu, dengan target 1.500 santri. Berikutnya di Pesantren Darussalam, Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang dengan target 500 santri. Khusus serbuan vaksinasi di Ponpes, panitia memprioritaskan para santri yang berusia 12 tahun ke atas.

“Serbuan Vaksinasi ini adalah perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, kepada seluruh jajaran TNI AL dari Sabang hingga Merauke. Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat tercapainya Kekebalan Kelompok (Herd Immunity) seluruh masyarakat Indonesia. Dan kebetulan Jawa Tengah termasuk dalam wilayah kerja Koarmada II, karena ada sejumlah lanal jajaran Koarmada II ada disini yakni Lanal Tegal, Lanal Semarang dan Lanal Cilacap,” katanya saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Stadion Trisanja Slawi bersama dengan Bupati Tegal Hj.Umi Azizah.

Baca juga: Tiga Warga Surabaya Tertimpa Rumah Ambruk, Satu Meninggal Dunia

Pada kesempatan ini masyarakat di Stadion Trisanja juga kedatangan tamu istimewa dengan kehadiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar ikut meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bersama dengan Pangkoarmada II dan Bupati Tegal. Laksda Iwan berharap, 30.000 dosis vaksin yang disiapkan dapat dihabiskan dalam waktu dua hari ini.

“Kami sangat bangga jika bisa dihabiskan. Kami Koarmada II mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas kerja samanya sehingga semua dapat berjalan lancar. Semoga TNI AL Koarmada II khususnya dapat memberi kontribusi besar untuk membentuk herd immunity bagi masyarakat Kabupaten Tegal khususnya, dan Jawa Tengah umumnya,” ujar Laksda Iwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)