Jelang Subuh, Garut Diguncang Gempa Tektonik 4.9 SR

Senin, 23 Agustus 2021 - 07:00 WIB
loading...
Jelang Subuh, Garut Diguncang Gempa Tektonik 4.9 SR
Gempa bumi tektonik mengguncang Garut jelang subuh, Senin (23/8/2021).Foto/ilustrasi
A A A
GARUT - Jelang subuh, Kabupaten Garut diguncang gempa bumi tektonik dengan magnitude 4.9 SR sekitar pukul 04:13:04 WIB, Senin (23/8/2021). Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 8.32 LS dan 107.58 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km Barat Daya Garut-Jabar pada kedalaman 1 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Baca juga: Gokil, Ridwan Kamil Menang Tanding, Denny Sumargo Harus Push Up 50 Kali

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Cijulang, Tasikmalaya, Pameungpeuk, Ciamis, Bungbulang, Cisompet, Ciparanti, Cikalong dan Cijagra.

Di wilayah itu gempa dirasakan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 06:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," imbuh dia.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)