Bebaskan Sandera, Pasukan Khusus Gabungan TNI AL Menyerbu Situbondo

Minggu, 22 Agustus 2021 - 23:34 WIB
loading...
Bebaskan Sandera, Pasukan Khusus Gabungan TNI AL Menyerbu Situbondo
Aksi pasukan khusus TNI AL selamatkan sandera di Situbondo, Jawa Timur, Minggu (22/8/2021). Foto/Dok. Dispen Kormar
A A A
SITUBONDO - Pasukan khusus gabungan TNI AL, yang terdiri dari Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir, dan Satkopaska Koarmada menyerbu Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (22/8/2021).

Baca juga: Taifib-Kopaska, Dua Pasukan Khusus TNI AL Gelar Latgab Operasi Perebutan Objek Vital

Serbuan mematikan ini, dilakukan para prajurit dari pasukan elit TNI AL, untuk membebaskan sandera yang ditawan oleh anggota teroris bersenjata. Gerak cepat para prajurit tersebut, mampu melumpuhkan musuh dengan cepat dan berhasil menyelamatkan sandera.



Aksi pertempuran jarak dekat yang dilakukan prajurit TNI AL, untuk membebaskan sandera tersebut, merupakan puncak Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus Gabungan (Latopsdukpassusgab) TNI AL Tahun 2021 yang digelar di wilayah Surabaya, dan Situbondo.

Baca juga: Tangis Ibu di Jember Pecah Melihat Anaknya Tewas Tergantung, Diduga Terjerat Pinjol

Sejumlah tahapan latihan, mulai dari latihan Geladi Posko, Tactical Floor Game (TFG), latihan parsial, dan pada puncaknya dilaksanakan latihan Full Mission Profile dalam rangka menguji proses latihan dengan melaksanakan manuver lapangan di medan yang sebenarnya, untuk merebut dan menguasai sasaran musuh serta membebaskan tokoh penting yang disandera.

Teknik yang digunakan dalam latihan ini antara lain, menerjunkan prajurit Taifib untuk melaksanakan terjun tempur pada dini hari guna mengutamakan faktor kerahasiaan dengan menggunakan pesawat Cassa U-6205 ketinggian 5000 feet, dan Rubber Duck Operation (RDO) menggunakan pesawat Cassa U-6215 di ketinggian 3000 feet.

Baca juga: Dituduh Curi Ponsel, Kemaluan Bocah 13 Tahun Dibakar Oleh Aparat Berseragam

Operasi diawali dengan penerjunan perahu karet dari pesawat, selanjutnya para penerjun dengan teknik free fall menyusul mendarat di laut dan langsung menuju pantai yang dikuasai musuh dengan mengutamakan faktor kecepatan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2760 seconds (11.97#12.26)