Dapat Dana dari PKM, 4 Mahasiswa Unusa Ciptakan Hijab Beraroma Segar dan Wangi

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 02:00 WIB
loading...
Dapat Dana dari PKM, 4 Mahasiswa Unusa Ciptakan Hijab Beraroma Segar dan Wangi
Hi Best memiliki kantong kecil tempat aromatik yang diletakkan tepat di bawah dagu. Foto/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Empat mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKes) Unusa membuat Hi Best (Hijab Fresh Aromatik) dengan bahan aromatik seperti daun sirih dan batang serai yang dipadatkan untuk dimasukkan ke dalam kantong yang sudah disiapkan.

Empat mahasiswa yang terdiri dari Iqbal Firdaus dan Adelina Pratiwi, dari Prodi Kesehatan Masyarakat, serta Meliyani Syafiri dan Aisyah Aini, mahasiswa Prodi S1 Gizi. Ide membuat hijab aromatik ini dinyatakan lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Salah satu anggota tim, Adelina Pratiwi menceritakan, sebelumnya ia dan dua rekannya suka menggunakan hijab dengan bahan yang tebal. Akibatnya membuat gerah dan berkeringat hingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Atas kejadian itu, Adelia mengajak salah satu mahasiswa cowok, Iqbal Firdaus untuk meneliti dan mencari solusi agar hijab yang ia kenakan tidak bau serta nyaman digunakan.

Baca juga: KSAL Yudo Margono Puji Kelengkapan Fasilitas Isoter di Kawasan SIER Surabaya

"Kami mencoba meneliti ke berbagai pasar untuk mencari bahan kerudung yang nyaman saat dikenakan dan tidak menimbulkan bau tak sedap, tapi tidak ada. Akhirnya saya terpikir untuk membuat hijab itu sendiri," katanya.

Sebelum memutuskan membuat hijab aromatik, keempatnya sempat mengirimkan kuesioner kepada mahasiswa Unusa lainnya. "Kebanyakan dari mereka ingin hijab yang ringan dan tidak bau apek," ungkap Adelina.

Dari keinginan yang diperoleh melalui kuesioner itulah, mereka kemudian mencari bahan kain yang cenderung ringan serta dingin saat digunakan dan menambahkan melalui modifikasi dengan kantong kain berisi aromatik pada bagian dalam dagu. "Yang terpenting kainnya ini tidak terawang sehingga kelihatan rambutnya," ujarnya.

Dengan menggunakan bahan yang ringan dan hanya satu lapis serta ditambah kantong aromatik dibagian dalam dagu membuat Hi Best nyaman saat dikenakan. "Aromatik ini menyebabkan kenyamanan dan tidak gerah saat digunakan sehingga tidak menimbulkan bau tak sedap. Yang muncul justru bau aromatik yang segar dan wangi," ungkapnya.

Baca juga: Perampok Beraksi di Ponorogo, Uang Nasabah Bank Rp25 Juta Amblas Digasak

Hi Best memiliki kantong kecil tempat aromatik yang diletakkan tepat di bawah dagu. "Aromatiknya kami padatkan dan dimasukkan kedalam kantong kecil di bawah dagu untuk pewanginya," ungkap Adelina.

Dengan menggunakan aromatik, kata Adelina, hijabnya jadi lebih harum. Bahkan jika dipakai jalan bisa mencium wangi dari aromatik dari balik kerudung. Mereka membanderol karyanya seharga Rp55 ribu tiap kerudung. Selain itu mendapat dua blok aromatik didalam kantong kecil.

Kini produknya bisa dibeli melalui aplikasi Shoppe dengan cara ketik Hi Best Indonesia atau melalui intagram dengan @hi.besthijab. "Saat ini sudah terjual sekitar 10 hijab dan respon masyarakat suka, karena ada aromatiknya. Jika aromatiknya habis kami juga menyediakan refeilnya," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)