Kasus COVID-19 Melandai, Sekolah di Cimahi Siap Gelar PTM Bulan Depan

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 20:25 WIB
loading...
Kasus COVID-19 Melandai, Sekolah di Cimahi Siap Gelar PTM Bulan Depan
Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
CIMAHI - Angka kasus COVID-19 yang terus menurun di Kota Cimahi membawa angin segar bagi jajaran Dinas Pendidikan (Disdik). Diharapkan, kasus terus melandai sehingga Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa segera digelar.

"Kami sudah siap untuk menggelar PTM, paling tidak bulan depan. Indikatornya sekarang angka kasus COVID-19 di Cimahi terus turun," kata Kadisdik Kota Cimahi, Harjono, Jumat (20/8/2021).

Dikatakannya, semua sekolah di Kota Cimahi siap untuk melaksanakan PTM September mendatang. Bahkan hampir 100% sekolah sudah mengisi form Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai kesiapan PTM. Termasuk, validasi dan verifikasi pun sudah dilakukan.

Simulasi PTM juga sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu di tingkat TK/PAUD, SD hingga SMP. Hal tersebut menjadi acuan bagi tenaga pendidik dan siswa dalam memahami adaptasi pembelajaran sekolah di tengah pandemi COVID-19.

"Sebenarnya rencana PTM ini sudah akan dilakukan pada tahun ajaran baru Juli 2021 lalu, hanya karena kasus COVID-19 mengalami lonjakan, jadi batal. Semoga pada kali ini bisa terealisasi dengan catatan prokes pasti akan dijaga," tandasnya. Baca juga: Kemenkes Sebut Kasus Covid-19 Sudah Mulai Turun Signifikan

Menurutnya, jika melihat arah kebijakan dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) dan Gubernur Jawa Jawa Barat, kemungkinan PTM akan digelar bulan depan. Untuk menunjang itu, pelajar di Cimahi hampir semuanya sudah divaksin dosis pertama.

Sementara disinggung soal kasus COVID-19 di lingkungan pendidikan, dia menyebutkan, kini tersisa 11 siswa dan 7 guru yang masih terkonfirmasi positif. Jumlah tersebut turun drastis dibandingkan sebelumnya yang mencapai puluhan.

"Sebelumnya kasus positif COVID-19 di siswa SD ada sebanyak 42 dan di kalangan guru ada 38. Tapi sekarang sudah sembuh dan turun angkanya," kata dia.

(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)