Lebih dari 11 Ribu Anak Sekolah akan Diimunisasi

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 15:44 WIB
loading...
Lebih dari 11 Ribu Anak Sekolah akan Diimunisasi
Menyambut Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) sekitar 11.252 anak di Kabupaten Asmat, Papua akan diimunisasi.
A A A
ASMAT - Menyambut Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) sekitar 11.252 anak di Kabupaten Asmat, Papua akan diimunisasi. Dijadwalkan Imunisasi akan dilaksanakan Agustus sampai November 2021. Di awal, Imunisasi akan berlangsung pada 24 Agustus 2021 di SD YPPK Salib Sucih Agats, Kabupaten Asmat.

Hal ini telah disepakati bersama dalam rapat koordinasi di Cafe Asco Agats, Jumat (20/8/2021). Hadir dalam rapat, Kepala Dinas Pendidikan Asmat yang diwakili Donatus Tamot dan Dinas Kesehatan Asmat diwakili Jonathan Kambu serta Kabid Pengendalian, Pencegahan dan Pemberantas Penyakit. Rapat juga dihadiri, Perwakilan Petugas Lapangan Yayasan Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan Papua (YP2KP) Maria Kirana Barek dan staf setempat.

Kadis Pendidikan Asmat Donatus Tamot menjelaskan, jumlah 11.252 anak ini diperoleh dari data anak sekolah kelas I, II dan V se-Kabupaten Asmat. Adapun rincian adalah kelas I berjumlah 5.125 anak, kelas II berjumlah 3.328 anak dan kelas V berjumlah 2.799 anak.

"Jadi total anak kelas I, II dan V yang akan di Imunisasi pada Agustus sampai dengan November 2021 berjumlah 11.252 orang ," ucapnya.

Harapannya, keseluruhan jumlah anak tersebut dapat diimunasi secara keseluruhan demi keberlangsungan kesehatannya di Kabupaten Asmat.

Sementara itu, Kabid Pengendalian, Pencegahan dan Pemberantas Penyakit Dinkes Asmat Jonathan Kambu mengatakan, dengan jumlah anak yang akan di Imunisasi, maka akan diusahakan sesuai target dengan jumlah yang ada.

Dikatakan, BIAS dilaksanakan sekali dalam setahun. Dalam pelaksanaannya dibantu oleh 19 Puskesmas di seluruh pelosok di Kabupaten Asmat. Sementara itu fokus atau lokasi Imunisasi pada 2021 ini dilakukan dengan strategi yang baru.

"Jadi kita menggunakan dua strategi untuk menyukseskan BIAS 2021 di Asmat yaitu, dilakukan di sekolah dan datang langsung ke rumah anak masing-masing," ucapnya

Jonathan menginformasikan, untuk Agustus 2021, Imunisasi BIAS hanya dilakukan untuk kelas I. Sementara untuk Kelas II dan V, dilaksanakan pada November 2021. Ia menilai ketersediaan logistik dalam mensukseskan BIAS sangat cukup. "Kepada semua elemen, mohon dukungan dan kerja sama yang baik, " tuturnya. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)