Palangkaraya Gencarkan Vaksinasi dengan Inovasi Layanan Antar Jemput Warga

Selasa, 17 Agustus 2021 - 19:17 WIB
loading...
Palangkaraya Gencarkan Vaksinasi dengan Inovasi Layanan Antar Jemput Warga
Wali Kota Palangkaraya Fairid Nafarin saat memaparkan di Webinar Festival Indonesia Tangguh 2021 dengan tema Daerah Tangguh, Daerah Tumbuh yang disiarkan langsung MNC Portal Indonesia, Selasa (17/8/2021). Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
PALANGKARAYA - Pemerintah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah terus menggencarkan program vaksinasi COVID-19 ke masyarakat melalui inovasi layanan antar jemput warga. Hal tersebut untuk mempercepat terciptanya herd immunity di masyarakat sehingga bisa menekan penularan virus.

"Kami melakukan inovasi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melayani antar jemput warga lansia, pra lansia, dan usia diatas 18 tahun. Mereka akan diantar dan dijemput ke lokasi vaksinasi terdekat tanpa dipungut biaya," terang Wali Kota Palangkaraya Fairid Nafarin dalam Webinar Festival Indonesia Tangguh 2021 dengan tema "Daerah Tangguh, Daerah Tumbuh" yang disiarkan langsung MNC Portal Indonesia, Selasa (17/8/2021).

Baca juga: Digitalisasi Pelaku Ekraf dan Startup di Palangkaraya, Solusi Masa Pandemi COVID-19

Berdasarkan data progres vaksinasi di wilayahnya, untuk dosis pertama mencapai 44% dan dosis kedua 24%. Untuk tingkat regional Kalimantan Tengah persentase tersebut cukup tinggi. Hal tersebut salah satunya karena antusias masyarakat yang tinggi untuk divaksin COVID-19.

Baca juga: Festival Indonesia Tangguh, Gubernur Olly Paparkan Terobosan untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Adanya PPKM juga membuat membuat kesadaran di masyarakat meningkat dalam menjalankan prokes. Selain itu pemerintah kota juga terus melakukan edukasi, asistensi, dan patroli 5 M dan 3 T melalui tim Satgas COVID-19 yang terbentuk dari kecamatan, kelurahan, hingga tingkat RT.

"Sekarang angka kasus mulai turun dengan tingkat testing harian mencapai 25%. Namun kita tetap terus tigkatkan monitoring ke lapangan agar kasus terus turun," imbuhnya.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik mengapresiasi langkah penanganan dan pencegahan di daerah sehingga tren kasus COVID-19 terus turun. Pemerintah pusat akan mendorong percepatan pengadaan vaksin untuk dikirim ke daerah sebagai upaya supporting vaksinasi.

"Kita akan dorong percepatan vaksinasi dengan ketersediaan vaksin dan vaksinator ke daerah, agar tercipta Indonesia tangguh dan ekonomi tumbuh," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3169 seconds (0.1#10.140)