Sebulan Lebih Ditutup, Masjid Agung Cimahi Kembali Buka dengan Prokes Ketat

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 06:32 WIB
loading...
Sebulan Lebih Ditutup, Masjid Agung Cimahi Kembali Buka dengan Prokes Ketat
Masjid Agung Cimahi yang kembali dibuka untuk ibadah warga setelah ada pelonggaran dari pemerintah, usai ditutup sejak diberlakukan PPKM Darurat 3 Juli 2021 lalu. MPI/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Setelah sekian lama ditutup akibat diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan PPKM Level 4, Masjid Agung Cimahi kini kembali dibuka.

Hal itu seiring dengan adanya pelonggaran aturan di masa lanjutan PPKM Level 4, dimana tempat ibadah bisa buka dengan kapasitas 25%.

"Masjid sudah dibuka lagi, tapi dengan prokes ketat dan aturan pelonggaran di masa PPKM Level 4," kata Tata Usaha DKM Masjid Agung Cimahi, Siti Nani Wahidah, Kamis (11/8/2021).

Pengurus masjid memberlakukan prokes ketat dan aturan yang harus ditaati bagi jamaah yang salat. Di antaranya wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Jamaah akan dicek suhu tubuh ketika memasuki gerbang mesjid dan kapasitas di masjid tidak boleh lebih dari 25%.

Menurutnya, di masa perpanjangan PPKM Level 4, 3 dan 2 hingga Senin (16/8) mendatang pemerintah pusat melonggarkan beberapa sektor termasuk tempat ibadah. Namun kendati sudah mulai dibuka tapi jamaah juga tidak banyak. Selain karena belum banyak yang tahu, warga juga masih merasa aman beribadah di rumah.

"Walaupun dibatasi, jemaah yang datang tetap sedikit. Tadi aja yang datang cuma beberapa orang saat salat dzuhur. Masyarakat lebih banyak memilih mesjid sekitar rumahnya," kata dia. Baca: Hendak Selfie di Tengah Danau, Pelajar di Barito Utara Tewas.

Lebih lanjut dikatakannya, meski sudah dibuka, namun Masjid Agung Cimahi masih belum digunakan untuk kegiatan lain seperti pengajian atau kegiatan ibadah yang bisa menghadirkan jamaah banyak. Itu sebagai antisipasi pencegahan penyebaran COVID-19, dan menghindari kerumunan.

"Selama ditutup untuk umum, secara rutin kami tetap melakukan sterilisasi, dengan penyemprotan disinfektan dan pembersihan setiap hari," pungkasnya. Baca Juga: Tasikmalaya Geger, Mayat Pria Tanpa Identitas Membusuk di Tebing.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3434 seconds (0.1#10.140)