Sentra Vaksinasi Forkas Jatim di Sidoarjo Jangkau Lebih dari 2.000 Peserta

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 07:50 WIB
loading...
Sentra Vaksinasi Forkas Jatim di Sidoarjo Jangkau Lebih dari 2.000 Peserta
Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur (Jatim) membuka sentra vaksinasi kedua di Sidoarjo dalam dua hari terakhir.
A A A
SIDOARJO - Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha ( Forkas ) Jawa Timur (Jatim) membuka sentra vaksinasi kedua di Sidoarjo dalam dua hari terakhir. Sentra vaksinasi ini merupakan yang kedua digelar Forkas, setelah sebelumnya di Surabaya yang berlangsung sejak 26 Juli 2021 hingga 16 Agustus mendatang.

Ketua Umum Forkas Jatim, Eddy Widjanarko mengatakan, sentra vaksinasi kedua Forkas ini sudah dimulai sejak Kamis (5/8/2021). Vaksinasi ini berlangsung selama dua hari saja dan digelar halaman PT Insera Sena, kawasan industri Lingkar Timur, Sidoarjo. Sentra vaksinasi kedua ini ditargetkan bisa memberikan vaksinasi untuk 2.000 peserta. "Target sasarannya adalah para Industri Mikro Kecil (IKM) di kawasan ini, serta sebagian warga di sekitar lokasi vaksinasi," kaat Eddy, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Dilelang untuk Korban COVID-19, Jersey Legenda Peresebaya Mat Halil Terjual Rp130 Juta

Sentra vaksinasi oleh Forkas Jatim ini, diakui Eddy sebagai bagian dari upaya sektor usaha untuk mendukung pemerintah dalam penyebaran COVID-19. Selain upaya 3M dan 5M, vaksinasi saat ini menjadi salah satu ikhtiar untuk bisa bisa menghadapi pandemi COVID-19 ini dengan tidak berdampak pada berbagi sektor. Terutama sektor ekonomi. "Dengan vaksinasi, kami turut membantu pemerintah mengejar herd imunity 70 persen," jelas Eddy.

Dia menambahkan, hingga 16 Agustus mendatang, Forkas Jatim menargetkan bisa memberi fasilitas untuk 200.000 peserta dan dibagikan di beberapa titik. Selain Surabaya dan Sidoarjo, sentra vaksinasi Forkas Jatim juga akan digelar di Mojokerto, Gresik, Pasuruan dan Malang. "Kami terus mendorong herd immunty agar ekonomi bisa segera pulih," terangnya.

HRD Manager PT Insera Sena, produsen sepeda Polygon, Rahmat Hidayat mengatakan, sebelum memberi pelayanan vaksinasi untuk pelaku IKM, karyawan pabrik di kawasan lingkar timur dan sebagian warga, pihaknya lebih dulu telah melakukan vaksinasi kepada para karyawan dan keluarganya. "Total ada sekitar 800 orang karyawan dan keluarganya yang sudah kami fasilitasi vaksinasinya, dan kini bersama Forkas kami fasilitasi vaksinasi untuk IKM, karyawan pabrik sekitar dan warga," jelas Rahmat.

Sentra vaksinasi ini juga menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo selaku penyedia vaksin dan vaksinator. Dalam vaksinasi ini, Dinkes menyiapkan 2.100 dosis vaksin. "Saat ini tercatat sekitar 30 persen warga Sidoarjo telah mengikuti vaksin. Ditargetkan September 2021 mendatang, jumlah warga yang sudah tervaksin bisa mencapai 70 persen," ujar Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sidoarjo, Qudrotin.

Sementara itu, warga sekitar cukup antusias untuk mengikuti vaksinasi. Hal itu diakui Choirul, Kepala Desa Wadung Asih, Buduran, Sidoarjo. "Sebelumnya warga kami dilayani di Puskesmas Buduran. Tapi masih banyak yang belum, sehingga ketika ada tawaran dari Insera Sena, kami siapkan 500 warga Wadung Asih untuk ikut vaksin disini," tandas Choirul.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3253 seconds (10.101#12.26)