Pemadaman Kebakaran Lahan di Sambas Terbantu Sekat Kanal dan Sumur Bor

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:29 WIB
loading...
A A A
"Alhamdulillah bisa dimanfaatkan. Pemadaman di perbatasan Desa Sarang Burung Kuala dengan Sungai Baru kemarin menggunakan selang 2 inci sepanjang 80 meter dan selang 1,5 inci sepanjang 100 meter masih kuat airnya," ujar Edi.

"Kalau nggak ada sumur bor bisa habis Desa Sungai Kuala, satu jam kebakaran mencapai 4-5 kilometer," tambahnya.

Edi juga mengatakan, selain dimanfaatkan untuk pemadaman api, sumur bor tersebut biasanya juga dimanfaatkan untuk pembasahan saat musim kemarau. "Kita lakukan ketika lahan gambut sudah kering, lama tidak turun hujan," ujarnya

Sementara itu, Edi juga mengungkapkan sekat kanal yang dibangun juga membantu proses pemadaman kebakaran. Sekat kanal menjadi sumber air untuk pemadaman api.

"Kalau di wilayah sekat kanal yang saya perhatikan, api tidak banyak makan tanah, hanya semak-semak belukar," ujar dia.

Tim Teknis Infrastruktur Pembasahan Gambut (IPG), Gembong mengatakan di Sungai Baru terdapat enam titik sekat kanal dan sepuluh sumur bor. Tapi, saat proses pemadaman berlangsung, sumur bor yang dimanfaatkan hanya tiga. Sebab, tujuh sumur bor lainnya sedang diperbaiki.

"Proses perbaikan sumur bor ini memang masuk dalam Operasi Pembasahan Gambut Rawan Kekeringan (OPGRK) BRGM," ujarnya.

Menurut perkiraan Gembong, saat ini kebakaran lahan di Desa Sungai Baru menjadi wilayah yang terdampak paling luas. "Sekitar 8 hektare, kebakaran paling besar," ucap dia.

Meski demikian, Gembong menyebut beberapa lokasi terbakar sudah bisa dikendalikan. Ada juga yang sedang melakukan pendinginan dan pembasahan lahan gambut terbakar. Keberadaan sekat kanal dan sumur bor turut membantu proses pencegahan meluasnya kebakaran ini.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)