Polres Majalengka Perkuat Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Kamis, 28 Mei 2020 - 21:06 WIB
loading...
Polres Majalengka Perkuat Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19
Polres Majalengka panen budidaya Lele, ikan mas dan kangkung di Polsek Talaga sekaligus membagikan ke masyarakat sekitar, Kamis (28/5/2020). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso membuat lingkungan Polres hingga ke Polsek jajarannya disulap menjadi lumbung ketahanan pangan yang memberi banyak manfaat. Tidak hanya untuk warga setempat, namun ketahanan pangan akan dikembangkan untuk masyarakat di Kabupaten Majalengka.

“Kami manfaatkan lahan kosong di sekitar Polres dan Polsek Jajaran untuk budidaya ikan lele, ikan mas, sayur-sayuran seperti kangkung dan tumbuhan hidroponik,” tutur Bismo saat panen budidaya lele dan kangkung di Polsek Talaga, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020).

Bismo menambahkan, program budidaya ikan lele, ikan mas, kangkung dan tumbuhan hidroponik tersebut terbukti ampuh untuk ketahanan pangan. Apalagi, saat ini beberapa wilayah bakal menuju new normal di tengah pandemi Covid-19.

“Ikan lele awalnya hanya 12 kg, hari ini kita panen sudah menjadi 250 kg, itu baru satu polsek. Jadi ini upaya nyata yang mampu membuahkan hasil,” ujarnya. ( )

Hasil dari panen, lanjut Bismo, dibagikan untuk masyarakat. “Tadi sudah dilihat, kita bagikan beras, kangkung dan ikan lele kepada masyarakat sekitar,” paparnya.

Meski demikian, tidak hanya lingkungan Polres dan Polsek Jajaran, dia menyebut, ke depan masyarakat di Kabupaten
Majalengka akan ikut dilibatkan. Termasuk kepada anggotanya.

“Kita libatkan masyarakat agar ikut budidaya, misalnya ada yang punya lahan tidak terpakai atau punya potensi apa, kita bantu. Mulai dari benih, pupuk hingga cara budidaya ikan lele, ikan mas, kangkung dan tumbuhan hidroponik,” tuturnya.

Bismo berharap, budidaya yang digagas Polres Majalengka mampu mengurangi beban masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19. “Kalau boleh meminjam istilah bijak, hari ini kami berikan ikan. Besok kami berikan kail untuk menghasilkan sendiri ikannya,” kata Bismo.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)