Depresi, Pasien COVID-19 di Mura Tewas Usai Terjung ke dalam Sumur

Selasa, 03 Agustus 2021 - 20:04 WIB
loading...
Depresi, Pasien COVID-19 di Mura Tewas Usai Terjung ke dalam Sumur
Satgas COVID-19 saat mengkremasi mayat pria yang nekat terjun ke dalam sumur karena terpapar COVID-19. Foto: Istimewa
A A A
MUSI RAWAS - Diduga depresi lantaran terpapar COVID-19 , membuat Suwarto (51) warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumberharta, Kabupaten Musi Rawas (Mura) , nekat menghabisi nyawanya dengan terjun ke dalam sumur sedalam 10 meter, Selasa (3/8/2021).

Informasi yang berhasil diperoleh, awalnya korban menderita sakit dengan gejala seperti COVID-19 . Setelah seminggu di rumah, keluarga mengantarkan korban berobat ke Puskesmas Sumberharta.

Baca juga: 3 Nelayan Nyaris Tewas Disiksa dan Ditusuk Samurai, Kapalnya Dibakar di Perairan Cermin

Setelah dirawat selama dua hari, korban memaksakan diri untuk pulang. Akhirnya diperbolehkan pulang dengan membuat surat pernyataan untuk pulang ke rumah atas dasar kehendak sendiri. Dan pada esok harinya dengan disaksikan keluarga, korban nekat bunuh diri terjun ke dalam sumur.

Keluarga tidak bisa menghalangi, karena saat korban akan terjun ke dalam sumur korban membawa sabit, mengancam orang yang berusaha menghalanginya.Sehingga tidak satupun orang yang berani mencegah niatnya melakukan aksi bunuh diri.

Baca juga: Oknum Anggota DPRD Padangsidimpuan Adu Jotos Dengan Sopir Pimpinan Dewan

Melihat korban terjun ke sumur, warga pun langsung memberikan pertolongan dengan mencari tambang dan meminta bantuan. Namun karena sumur cukup dalam dan evakuasi berjalan lama, korban berhasil dibawa ke atas namun nyawanya tak tertolong. “Korban adalah pasien positif COVID-19, sudah dimandikan dan dimakamkan sesuai protokol COVID-19,” ujar Jumali tetangga korban.

Dikatakan Jumali, korban ini sempat dirawat di Puskesmas Sumberharta, namun memaksakan pulang tanpa seizin dokter dan membuat surat pernyataan. Bahkan, korban pun nekat melepas infus saat menjalani perawatan.

“Saat dirawat, di sebelah ruangan korban ada pasien COVID-19 asal Sukamaju yang meninggal. Mungkin karena takut atau trauma, maka itu korban nekat pulang. Nah pagi tadi sudah sempat dihalangi-halangi oleh keluarganya, namun dia nekat melalui pintu belakang untuk bunuh diri,” katanya

Baca juga: Dokter Keluarga Akidi Tio Minta Maaf, Akui Tak Ada Sumbangan Rp2 Triliun

Sementara itu, Plt Camat Sumberharta, Sudisman membenarkan ada warga Sukajaya yang positif COVID-19 meninggal dunia dengan cara bunuh diri. “Sebelumnya dia (korban) dirawat di Puskesmas Sumberharta, dia memaksa untuk pulang. Saya bersama Kapolsek sudah ke rumah duka,” katanya.

Sedangkan Kapolres Musi Rawas AKBP Efrannedy melalui Kapolsek STL Ulu Terawas Iptu H Arpan membenarkan adanya peristiwa itu.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1514 seconds (11.252#12.26)