Jabar Sumbang Peserta Terbanyak di Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Kamis, 29 Juli 2021 - 23:48 WIB
loading...
Jabar Sumbang Peserta Terbanyak di Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021
Salah satu kawasan desa wisata yang berada di Jabar. Tahun ini Jabar mengirim paling banyak peserta. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Sebanyak 127 desa wisata yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dipastikan berkompetisi dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 .

Kini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar pun mulai fokus melakukan pendampingan dan persiapan teknis kepada pengelola ke-127 desa wisata peserta ajang yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Parekraf ) itu.



Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik menuturkan, sejak pendaftaran ditutup pada 16 Juli 2021 lalu, Jabar menjadi provinsi penyumbang peserta terbanyak ajang WDI 2021.

Menurut Dedi, upaya pendampingan dan persiapan teknis merupakan komitmen yang harus dilakukan, meski di tengah situasi serba terbatas akibat pandemi COVID-19.

Hal itu tak lepas pula dari analisa yang menyebutkan pasar terbesar kunjungan wisatawan lokal berada di Jabar. Terlebih, Jabar merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia.



“Kami terus mendorong desa wisata dengan keunikan serta keaslian atraksi wisata alam, budaya, kuliner dan produk ekonomi kreatifnya terus ditingkatkan dari sisi kualitasnya," tutur Dedi di Bandung, Kamis (29/7/2021).

Dari ratusan desa wisata di Jabar yang menjadi peserta, di antaranya Desa Batulayang dan Desa Tugu Selatan di Cisarua Bogor, Desa Cibuntu di Kabupaten Kuningan, dan Desa Saung Ciburial di Garut.

"Persiapan akan dilakukan dengan maksimal, agar optimisme tetap terjaga sampai nanti pengunguman pemenang pada Desember 2021," katanya.



Upaya Jabar di ajang ADWI 2021 juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Parekraf Sandiaga Uno saat membuka Workshop dan Bimbingan Teknis Online kepada peserta dari wilayah IV Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jabar, dan Provinsi Banten.

Sandiaga Uno berharap, lewat ajang ini, akan muncul desa wisata berkelas dunia dari Jabar. Pihaknya pun meminta pemerintah daerah terus menggali potensi destinasi wisata yang bisa berdampak pada ekonomi.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8137 seconds (0.1#10.140)