alexametrics

PDIP Sumbar Bagikan 500 Paket Lebaran untuk Dai

loading...
PDIP Sumbar Bagikan 500 Paket Lebaran untuk Dai
PDIP Sumatera Barat (Sumbar) membagikan sebanyak 500 paket Lebaran khusus untuk warga terdampak COVID-019 yang berasal dari kelompok keagamaan, yakni para dari. Foto/Ist
A+ A-
PADANG - PDIP Sumatera Barat (Sumbar) membagikan sebanyak 500 paket Lebaran khusus untuk warga terdampak COVID-19 yang berasal dari kelompok keagamaan, yakni para dai.

Penyaluran bantuan ini dilakukan melalui sejumlah dari sayap PDIP, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Sumbar sejak Jumat (22/5/2020). “Ini adalah bentuk gotong royong PDIP Sumbar untuk warga yang kesehariannya lebih banyak melakukan syiar agama Islam. Yang kita bantu dai yang tidak tercatat sebagai aparatur sipil negara (Non-ASN),” kata Ketua PDIP Sumbar Alex Indra Lukman melalui pernyataan tertulisnya, Kamis (28/5/2020). (Baca juga: Masjid Asasi, Tertua Kedua di Indonesia dengan Arsitektur Unik Gabungan 3 Budaya)

Alex menjelasan, dai merupakan kelompok masyarakat yang cukup parah terdampak COVID-19. Hal itu karena nyaris tidak ada aktivitas keagamaan umat Islam di ribuan masjid dan musala yang ada di Kota Padang, terutama ibadah qiyamul lail (aktivitas ibadah di malam hari) selama Ramadhan 1441 H. (Baca juga: New Normal Membingungkan, Muhammadiyah: Jangan Sampai Masyarakat Punya Tafsir Sendiri)

“Bingkisan kita ini berupa kain sarung, beras, masker, hand sanitizer, minyak goreng dan mi instan. Semoga bantuan kita yang tak seberapa ini, bisa meringankan beban para dai kita yang telah mengabdikan hidupnya di jalan dakwah,” ujarnya.



Paket Lebaran itu dibagikan langsung kepada Ikatan Mubaligh (73 orang), ustaz/guru mengaji (77 orang), marbot dan imam masjid (321 orang) dan petugas Tim Reaksi Cepat/TRC (29 orang). “Kita antar langsung bantuan ini ke dai-dai kita melalui kader PDIP yang ada di Kota Padang. Tentu saja, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi,” ujar Alex.

Kegiatan berbagi PDIP Sumbar untuk warga terdampak COVID-19 ini, telah dimulai sejak awal Ramadhan 1441 H lalu, yakni program nasi bungkus untuk keperluaan berbuka warga. Setiap harinya, dibagikan sebanyak 500 nasi bungkus.

Sebaran kegiatan program nasi bungkus untuk keperluan berbuka puasa ini, telah menyebar pada warga yang ada di 11 kecamatan di Kota Padang. Nasi bungkus itu diantar langsung kader PDIP Sumbar ke pintu-pintu rumah warga.

Selain itu, PDIP Sumbar bersama Fraksi PDIP DPRD Sumbar juga telah mendistribusikan 900 set Alat Pelindung Diri (APD) serta 78 kotak masker medis, pada tiga rumah sakit Tipe B (RS Bhayangkara, Yos Sudarso, Reksodiwiryo) dan 23 Puskesmas di Kota Padang.

Perlengkapan sarana pendukung untuk paramedis ini, diharapkan bisa membangkitkan kepercayaan diri mereka dalam merawat pasien COVID-19 yang pertambahan kasusnya masih belum bisa dikendalikan itu.

Tak hanya itu, petugas di posko perbatasan dan pos pengamanan lebaran, juga tak luput dari perhatian PDIP Sumbar sepanjang Ramadhan 1441 H ini. “Kita tak boleh menyerah dengan keadaan yang memang serba sulit seperti sekarang ini. Kesetiakawanan sosial dan semangat gotong royong harus terus kita tumbuhkan. Dengan begitu, kita bisa bangkit dari dampak ini secara lebih cepat,” tandasnya.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak