Hari Jadi ke-416 Kabupaten Kendal, Ketua DPRD: Momentum untuk Bangkit dari Pandemi

Rabu, 28 Juli 2021 - 12:03 WIB
loading...
Hari Jadi ke-416 Kabupaten Kendal, Ketua DPRD: Momentum untuk Bangkit dari Pandemi
Ketua DPRD Kabupaten Kendal Muhammad Makmun, mengajak seluruh masyarakat menyatukan tekad dan semangat untuk bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19
A A A
KENDAL - Ketua DPRD Kabupaten Kendal Muhammad Makmun, mengajak seluruh masyarakat menyatukan tekad dan semangat untuk bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19. Menurutnya upaya pemerintah untuk menanggulangi pandemi memerlukan dukungan dan partisipasi aktif dari segenap elemen masyarakat.

Ajakan tersebut disampaikan orang nomor satu di jajaran legislatif Kendal usai dirinya memimpin rapat paripurna istimewa menyambut Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-416 yang digelar di gedung DPRD Kendal, Selasa (27/7/2021).

Lebih lanjut disampaikan, Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-416 sebagai momentum untuk berefleksi dan meneladani kembali semangat perjuangan para pendahulu.

Menurutnya yang dinikmati masyarakat Kendal hari ini adalah hasil jerih payah dari para pemimpin dan tokoh-tokoh sebelumnya. "Mari satukan tekad dan semangat untuk bekerja lebih giat lagi agar kita bisa segera keluar dan bangkit dari pandemi ini. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, tapi butuh dukungan dan peran aktif dari seluruh elemen masyarakat," tuturnya.

Dukungan dan partisipasi masyarakat yang dimaksudkan, imbuhnya, dengan mematuhi protokol kesehatan dan menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Terkait kebijakan perpanjangan PPKM level 4, pihaknya mengimbau masyarakat tetap waspada dan tidak meninggalkan protokol kesehatan.

"Kelonggaran yang diberikan dalam PPKM level 4 ini semata-mata untuk mendorong agar perekonomian masyarakat tetap bisa tumbuh. Pasar-pasar tradisional bisa beroperasi," katanya.

Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-416 tahun dipimpin oleh Ketua DPRD dan diikuti jajaran pimpinan dan anggota, Forkopimda, beserta kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal.

Sebagaimana dibacakan dalam rapat oleh Syarif Hidayatullah, anggota DPRD Kendal, pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten Kendal mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 20 Tahun 2006. Penetapan Hari Jadi berdasarkan pengangkatan Kiai Tumenggung Bahurekso sebagai Bupati Kendal yang bertepatan dengan upacara Grebeg Maulid Nabi Muhammad SAW pada Selasa Pon, 12 Rabiul Awal 1014 Hijriah atau 28 Juli 1065 Masehi.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, dalam sambutannya menyampaikan peringatan Hari Jadi ke-416 tahun ini mengusung tema "Selalu ada kemenangan di balik perjuangan, Kendal lebih baik."

Dico menambahkan, peringatan kali ini diselenggarakan secara sederhana karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Tidak ada karnaval maupun festival sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, termasuk doa bersama para tokoh agama.

"Kami juga mohon pengertian dan dukungan kepada seluruh masyarakat terkait kebijakan perpanjangan PPKM. Mengingat angka kasus Covid-19 di Kendal masih cukup tinggi, saya mengajak masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan. Semoga semuanya bisa lekas pulih, kita bisa bangun Kendal lebih baik lagi," ucapnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)