Musim Kemarau Tiba, Kebakaran Lahan Gambut Mulai Terjang Ogan Ilir

Selasa, 27 Juli 2021 - 07:28 WIB
loading...
Musim Kemarau Tiba, Kebakaran Lahan Gambut Mulai Terjang Ogan Ilir
Kebakaran lahan mulai terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Foto/iNews TV/Fitriadi
A A A
OGAN ILIR - Kepulan asap putih pekat akibat kobaran api yang membakar lahan gambut, mulai terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Sedikitnya lima hektare lahan gambut di Desa Merajat, dilalap api.



Minimnya sumber air di kawasan yang terbakar , membuat upaya pemadaman kebakaran menemui banyak kendala. Ditambah, tiupan angin kencang membuat api dengan cepat menjalar ke kebun warga.



Petugas BPBD Ogan Ilir, Mashur menyebutkan, upaya pemadaman kebakaran lahan terhambat oleh ketersediaan air. "Angin juga bertiup sangat kencang, sehingga api sulit dipadamkan. Yang dilakukan saat ini hanyalah upaya penyekatan, agar api tidak meluas," tuturnya.



Warga juga turut berjibaku memadamkan kebakaran lahan dengan peralatan seadanya. Haris, salah seorang warga yang turut memadamkan kebakaran , mengatakan, api semakin dekat dengan kebun warga sehingga membuat panik. "Kami membuat penyekatan, agar api tidak membakar tanaman di kebun," ujarnya.



Saat ini dua helikopter dikerahkan untuk memadamkan kebakaran dari udara. Api diduga berasal dari puntung rokok, yang dibuang oleh warga saat melintas lahan kering membuat api cepat menjalar membakar lahan di sekitar desa tersebut.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2686 seconds (0.1#10.140)