Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Musim Kemarau Tiba, Kebakaran Lahan Gambut Mulai Terjang Ogan Ilir

loading...
Musim Kemarau Tiba, Kebakaran Lahan Gambut Mulai Terjang Ogan Ilir
Kebakaran lahan mulai terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Foto/iNews TV/Fitriadi
OGAN ILIR - Kepulan asap putih pekat akibat kobaran api yang membakar lahan gambut, mulai terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Sedikitnya lima hektare lahan gambut di Desa Merajat, dilalap api.

Baca juga: Sulit Dijangkau, 50 Hektare Hutan Lindung Bukit Suligi Riau Ludes Terbakar

Minimnya sumber air di kawasan yang terbakar , membuat upaya pemadaman kebakaran menemui banyak kendala. Ditambah, tiupan angin kencang membuat api dengan cepat menjalar ke kebun warga.





Petugas BPBD Ogan Ilir, Mashur menyebutkan, upaya pemadaman kebakaran lahan terhambat oleh ketersediaan air. "Angin juga bertiup sangat kencang, sehingga api sulit dipadamkan. Yang dilakukan saat ini hanyalah upaya penyekatan, agar api tidak meluas," tuturnya.

Baca juga: Sembunyi di Sarang Buaya Buas, Pencuri di Balikpapan Ini Akhirnya Menyerah

Warga juga turut berjibaku memadamkan kebakaran lahan dengan peralatan seadanya. Haris, salah seorang warga yang turut memadamkan kebakaran , mengatakan, api semakin dekat dengan kebun warga sehingga membuat panik. "Kami membuat penyekatan, agar api tidak membakar tanaman di kebun," ujarnya.

Baca juga: Tekan Kematian Akibat COVID-19, Pangdam V Brawijaya: Tak Ada Lagi Isoman

Saat ini dua helikopter dikerahkan untuk memadamkan kebakaran dari udara. Api diduga berasal dari puntung rokok, yang dibuang oleh warga saat melintas lahan kering membuat api cepat menjalar membakar lahan di sekitar desa tersebut.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top