Peringati Hari Anak Nasional, Bupati Barito Kuala Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Anak

Senin, 26 Juli 2021 - 13:59 WIB
loading...
Peringati Hari Anak Nasional, Bupati Barito Kuala Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Anak
Hari Anak Nasional 2021 diperingati secara sederhana di Kabupaten Barito Kuala. Bupati Barito Kuala Noormiliyani hadiri peringatan HAN 2021 di Marabahan, Jum’at (24/7/2021).
A A A
MARABAHAN - Hari Anak Nasional (HAN) 2021 kembali diperingati secara sederhana di Kabupaten Barito Kuala. Bupati Barito Kuala Noormiliyani hadiri peringatan HAN 2021 di Aula Selidah Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Kuala di Marabahan, Jum’at (24/7/2021).

Mengingat masih belum lenyapnya virus Covid-19 di Indonesia termasuk di Kabupaten Barito Kuala, peringatan HAN seperti tahun sebelumnya berlangsung sederhana dengan peserta yang terbatas. Mereka antara lain Ketua DPRD Kabupaten Barito Kuala Saleh, Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala Zulkipli Yadinoor, anggota Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten Barito Kuala Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Ketua DWP Kabupaten Barito Kuala Herwina Rezeki Zulkipli Yadi Noor serta Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Barito Kuala Harliani.

Sebelum acara dimulai Bupati Noormiliyani menyempatkan diri bermain congklak bersama anak-anak SDN Marabahan. Tampak keceriaan dan rasa bangga anak-anak bisa bermain dan bertemu langsung dengan orang nomor wahid di Noormiliyani.

Bupati wanita pertama di Kalimantan Selatan ini kemudian menyampaikan tentang betapa pentingnya melindung anak-anak. Keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak. “Terutama dalam masa pandemi Covid-19 ini, kita harus menjaga kesehatan maupun gizi anak-anak kita yang kelak akan menjadi penerus bangsa,” ujar mantan ketua DPRD Kalimantan Selatan ini.

Noormiliyani mengatakan bahwa Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mempersiapkan anak-anak agar menjadi generasi penerus penyambung tongkat estafet pembangunan di masa depan. “Ada beberapa program Pemkab Barito Kuala dalam hal ini, seperti program Bulin Tertawa dan Permata Bunda,” katanya.

Menurutnya program Bulin Tertawa atau Ibu Bersalin Terdata dan Pulang Membawa Akta yang telah diluncurkan pada 2015 ketika bupati dijabat sang suami Hasanuddin Murad. Program ini terintegrasi dengan program Permata Bunda (Pemberian Makanan Tambahan bagi Ibu Hami dan Anak Balita) dalam hal pemenuhan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Pemkab Barito Kuala bahkan telah menerbitkan Peraturan Bupati Barito Kuala Nomor 96 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Tambahan Ibu Hamil dan Anak Balita,” kata Noormiliyani.

Dia menuturkan, program ini menjadi bukti usaha pemerintah secara serius dalam penanganan masalah gizi kurang dan stunting. Selanjutnya Bupati Noormiliyani mengajak semua pihak khususnya orang tua, para guru, dan instansi terkait lainnya untuk membangun kesadaran untuk bersama-sama melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang,.

”Selamat memperingati Hari Anak Nasional 2021, tetap sehat, tetap semangat, maju dan sejahteralah seluruh anak-anak di Bumi Ije Jela Tercinta, ” kata Noormiliyani.

Kepala BP3AKB Barito Kuala Harliani menuturkan bahwa perayaan HAN 2021 ini memang dilaksanakan secara sederhana dan terbatas sebagaimana instruksi dari bupati. “Memang sederhana tapi tetap tidak mengurangi kekhidmatan perayaan HAN 2021 ini,” kata mantan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Barito Kuala ini.

Harliani mengungkapkan, terkait wabah Covid-19 di Barito Kuala yang semakin meningkat, pihaknya mengimbau serta mensosialisasikan untuk vaksinasi anak di usia 12-17 tahun.

”Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan mendapat tanggapan yang baik mengenai vaksinasi anak ini. Selama vaksin tersedia, maka anak-anak segera didaftarkan untuk mendapatkan vaksinasi untuk melindungi mereka dari paparan virus Covid-19,” ujarnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)