Calon Ketua KNPI Jabar, Ridwansyah: Pemuda Harus Kritis kepada Pemerintah

Senin, 12 Juli 2021 - 10:35 WIB
loading...
Calon Ketua KNPI Jabar, Ridwansyah: Pemuda Harus Kritis kepada Pemerintah
Ridwansyah Yusuf Achmad saat pendaftaran calon ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat 2021. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Pemuda dinilai harus memiliki sikap kritis dan mau berdiskusi menyikapi berbagai persoalan yang saat ini sedang dihadapi bangsa. Sikap kritis tak hanya kepada lingkungan, tetapi juga kritis terhadap pemerintah demi kemajuan bangsa.

Hal ini disampaikan Ridwansyah Yusuf Achmad, sebagai bahagian dari pemaparan visi dan misinya dalam pendaftaran calon ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat 2021. Dia maju setelah diusung beberapa organisasi kepemudaan seperti Sapma Pemuda Pancasila, MKGR, dan AMPI. Baca Juga: Machfud Arifin Ajak Generasi Millenial Terlibat di Setiap Pembangunan Kota Surabaya

Yusuf menjelaskan, pemuda jangan menutup mata dalam melihat berbagai kondisi saat ini. Sikap kritis dari generasi penerus ini sangat diperlukan untuk memaksimalkan pembangunan yang dijalankan pemerintah.

"Pemuda harus berperan dalam pembangunan, salah satunya dengan berpikir kritis terhadap pemerintah," katanya. Agar mampu berpikir kritis, salah satunya pemuda harus terbiasa berdiskusi satu sama lain.

Dengan terbiasa bertukar pikiran, dia meyakini pemuda mampu melahirkan ide dan gagasan yang akan berkontribusi terhadap pembangunan. "Termasuk mampu berpikir kritis terhadap pemerintah," ujarnya.

Oleh karena itu, Yusuf akan mengajak unsur pemuda untuk membudayakan diskusi jika dirinya terpilih sebagai ketua KNPI Jawa Barat. Dia meyakini banyaknya jumlah organisasi kepemudaan di Jawa Barat akan menjadi modal besar untuk melahirkan ide dan gagasan yang bermanfaat jika dibangun ruang-ruang diskusi.

"Saya ingin organisasi ini hidup. Setiap OKP yang memiliki karakter dan ciri khas berbeda, bisa berkolaborasi. Sehingga KNPI menjadi rumah bagi semua, menjadi wadah dalam beraktualisasi untuk membangun negeri," katanya.

Dengan begitu, Yusuf optimistis KNPI pun mampu melahirkan pemimpin-pemimpin di masa yang akan datang. "Semua boleh datang ke KNPI, semua bisa kumpul. KNPI harus jadi sekolah kaderisasi pemimpin muda," katanya.

Perwakilan Sapma Pemuda Pancasila Jawa Barat, Ikrar Sajati, menilai Yusuf mampu membawa perubahan positif bagi KNPI. Dengan memiliki rekam jejak akademis dan keorganisasian yang baik, menurutnya alumni ITB itu mampu mengkolaborasikan 139 OKP yang bernaung di KNPI Jawa Barat. "Sapma PP dan KOTI akan all out mendukung Yusuf, karena memiliki kompetensi yang baik," katanya.

Hal serupa disampaikan Ketua Bidang Pemuda Pimpinan Daerah Kolektif Kosgoro 1957 Jawa Barat, Muhammad Sukma. "OKP kekaryaan solid mendukung Ridwansyah Yusuf," katanya. Terlebih, di tengah situasi saat ini, dia berharap KNPI mampu berkontribusi dalam menekan penyebaran virus korona beserta dampaknya.

Ketua DPD AMPI Jawa Barat, Ahmad Hidayat menilai, Yusuf merupakan intelektual muda yang juga memiliki pengalaman di luar negeri. "Optimis Yusuf mampu merancang program-program yang strategis untuk pemuda mulai dari ekonomi, pendidikan, dan kepemimpinan," katanya.

Hal senada disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Kosgoro 1957 Jawa Barat, Wibi Bagja. "Kami memiliki tujuan yang sama yaitu membangun generasi muda Jawa Barat yang berinovasi dan berdaya saing," katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)