Pelatihan Membatik Level Lanjutan Resmi Ditutup Asisten III

Senin, 05 Juli 2021 - 15:15 WIB
loading...
Pelatihan Membatik Level Lanjutan Resmi Ditutup Asisten III
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Jayapura Timothius J. Demetouw ketika menyerahkan kain bjavascript:atik karya peserta oleh Kepala Dinkop dan UKM Jayapura Parson Horota
A A A
SENTANI - Di Sanggar Batik Telaga Ria, Kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, telah dilaksanakan pelatihan membatik Level 2 (lanjutan). Tercatat pada 2019 lalu pernah dilaksanakan pelatihan membatik tingkat dasar.

Pelatihan difasilitasi sepenuhnya dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura. Pelaksanaan pelatihan dimulai 15 hingga 25 Juni 2021. Penutupan dilakukan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura Parson Horota, dengan instruktur Ii Hurairoh dari Batik Akasia Jogjakarta.

Jumlah peserta pelatihan sebanyak 15 orang dari pembatik orang asli Papua (OAP) yang berdomisili di Kabupaten Jayapura. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw mengatakan, pihaknya melihat pelatihan membatik ini potensi yang luar biasa.

"Membatik di Papua sebenarnya hal yang baru, akan tetapi kita di Papua memiliki potensi luar biasa. Yang mana, sesungguhnya bisa juga diletakkan di atas kain dan itu bisa dilakukan hanya dengan orang yang mengikuti pelatihan membatik, " katanya.

Membatik, ungkap Bupati Mathius telah dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM, yang melibatkan sebanyak 15 ibu-ibu peserta batik di wilayah pembangunan I, III dan IV selama 10 hari.

Ia berharap apa yang telah mereka peroleh dari instruktur batik, menjadi bekal sebagai pionir penggerak ibu-ibu yang lainnya agar memiliki keterampilan membatik. Diharapkan juga bisa mengangkat potensi-potensi yang ada di bumi Khenambay Umbay ini.

"Karena kita memiliki sumber daya alam yang begitu banyak seperti hutan, laut, danau dan gunung yang begitu indah. Di hutan ada sekian banyak margasatwa, berbagai jenis flora dan fauna, kemudian di laut ada berbagai jenis ikan. Ini semua bisa dijadikan sebagai motif-motif untuk dibuat di atas kain-kain yang dihasilkan sebagai keterampilan membatik," ucapnya.

Pelatihan membatik ini juga dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura Lenora Bemei, para kepala bidang di Dinas Koperasi dan UKM serta sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)