Indonesia Terapkan New Normal, Muba Perkuat Lini Pelayanan dan Pencegahan

Selasa, 26 Mei 2020 - 22:06 WIB
loading...
A A A
Menurutnya tak hanya penambahan tempat tidur di RSUD bayung Lencir dan RSUD Sungai lilin juga telah ditambah fasilitasi Rontgen Mobile dan ventilator. tetapi Muba berharap Dengan telah disiapkan 3 BSC di 3 RSUD diharapkan agar pihak kementrian kesehatan bisa bekerja sama menjadikan RSUD di kab Muba mandiri dalam pemeriksaan swab.

"Saat ini, sudah tersedia Test Cepat Molekuler di 3 RS yang ada di Muba dan syarat utama yaitu Bio Safety Cabinet sudah kita adakan , Ini adalah semacam lemari tabung kedap udara untuk mengelola mengambil virus dari spesimen dan ditest di alat TCM yang setara dengan PCR swab sehingga dalam waktu 2 sd 3 jam hasil konfirmasi positif atau negatif sdh di dapat. Berikutnya kami juga sudah memesan rapid test antigen," kata Azmi.

Direktur RSUD Sekayu, dr Makson Parulian Purba, MARS juga telah bersiap diri. Saat ini telah dibangun rumah sakit darurat dan 4 Buah ruang isolasi dengan Sistem tata udara bertekanan negatif berstandar internasional, AC Daikin VRV suply air dilengkapi pre filter HEPA FIlter, medium disposibel filter.

Suply exosus fan dilengkapi dengan tower pembuangan standar Kemenkes. Pada saluran pembuangan udara dilengkap juga dengan pre filter, medium filter, hefa filter mini plate jadi udara yg dibuang sudah aman dan bersih. Menghasilkan tekan negatif pada ruangan pasien minimal -15 pa, toilet 30 pa. Sesuai standard Kemenkes tentang ruang isolasi.

Untuk fasilitas lainnya sudah ditambahkan 56 bed pasien, berupa 4 bed elektric dan sisanya bed manual.

"Di rumah sakit darurat ada 32 tempat tidur dan sudah di siapkan cadangan 24 tempat tidur lagi sedangkan di Wisma Atlit untuk isolasi tenaga kesehatan RSUD Sekayu berupa 50 kamar dan 100 bed," Jelasnya.

"Jadi RSUD Sekayu sangat siap dari segi sarana dan prasarana seta tenaga kesehatan apabila terjadi out break atau lonjakan kasus Covid-19 di Muba," beber Makson.
(atk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)