Pemkab Takalar Gandeng DJPb Tingkatkan Pengelolaan Keuangan

Selasa, 22 Juni 2021 - 17:11 WIB
loading...
Pemkab Takalar Gandeng DJPb Tingkatkan Pengelolaan Keuangan
Penandatanganan kerja sama antara Pemkab Takalar dengan DJPb Sulsel. Foto: Istimewa
A A A
TAKALAR - Pemerintah Kabupaten Takalar meneken perjanjian kerja samadengan Kanwil Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Sulsel dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah.

Bupati Takalar , Syamsari mengatakan, melalui penandatanganan MoU tersebut, diharapkan mampu mendorong perekonomian daerah.

Baca Juga: opini wajar tanpa pengecualian (WTP)
“Kita harus berbesar hati, meskipun Kabupaten Takalar belum bisa meraih opini WTP , karena masih ada perlu pembenahan secara internal,” tambahnya.

Baca Juga: Kanwil DJPb SulselPemkab Takalar , dengan memperhatikan prinsip kesetaraan dan kemanfaatan bersama dalam pengelolaan keuangan.

Dia mencontohkan, peran strategis dana transfer dan dana desa untuk meningkatkan ruang fiskal dalam rangka pembangunan daerah. Oleh karena itu, Pemkab Takalar perlu menyiapkan strategi terbaik untuk memastikan penyaluran dana transfer dan dana desa dapat diselesaikan lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan.

"Adapun beberapa progres capaian pelaksanaan anggaran sampai dengan 21 Juni 2021 yakni penyaluran dana transfer dan dana desa di Kabupaten Takalar telah mencapai Rp399,86 miliar atau 46,17% dari pagu Rp865,78 miliar," ujarnya.

Baca Juga: Dana desa
Ia menegaskan, Pemkab Takalar harus meningkatkan pengelolaan keuangan yang berkualitas, mengingat capaian opini LKPD Pemkab Takalar yang sampai dengan saat ini belum mencapai opini WTP.

Baca Juga: DJPb Sulsel
Ia menyebutkan sampai dengan 21 Juni 2021, di Kabupaten Takalar telah tersalur sebesar Rp217,24 miliar untuk 5.943 pelaku UMKM dan pembiayaan UMi sebesar Rp6,21 miliar untuk 1.682 pelaku usaha mikro.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)