Rumah Sakit Penuh, Pasien COVID-19 di Tasikmalaya Antre di Lorong IGD

Selasa, 22 Juni 2021 - 15:40 WIB
loading...
Rumah Sakit Penuh, Pasien COVID-19 di Tasikmalaya Antre di Lorong IGD
Sejumlah pasien terpaksa harus terbaring dan antre di lorong IGD RSUD dr Soekardjo karena kapasitas sudah penuh. Foto/iNews TV/Asep Juhariyono
A A A
TASIKMALAYA - Rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat sudah terisi penuh. Bahkan di RSUD dr Soekardjo saat ini penambahan pasien sudah mencapai 120%.

Baca juga: Gawat! BOR Ruang Isolasi Rumah Sakit di Jateng Nyaris Penuh

Akibatnya sebanyak pasien harus mengantre di ruang Instalasi Gawat darurat (IGD). Bahkan menunggu di lorong IGD, dan masuk dalam daftar tunggu untuk dipindahkan ke ruang isolasi.

Baca juga: Divonis 3 Bulan Penjara, Habib Bahar: Saya Bertanggung Jawab

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat tingkat keterisian rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Tasikmalaya mengalami peningkatan.

Rumah Sakit Penuh, Pasien COVID-19 di Tasikmalaya Antre di Lorong IGD

RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya, Jabar saat ini penambahan pasien sudah mencapai 120%. Foto/iNews TV/Asep Juhariyono

Bahkan hingga hari ini, Selasa (22/6/2021) lima rumah sakit rujukan COVID-19 sudah terisi penuh. Kenaikan kasus paling banyak terjadi di RSUD dr Soekardjo yang merupakan rumah sakit terbesar di Tasikmalaya.



Pasien COVID-19 yang datang sudah melebihi kapasitas dari kamar isolasi yang sudah disediakan. Wakil Direktur RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya, Deni Diyana menjelaskan, saat ini jumlah pasien COVID-19 yang masuk sudah mencapai 120%.

Akibatnya 15 pasien harus menunggu di lorong IGD, dan masuk daftar tunggu untuk dipindahkan ke ruang isolasi. Meski sudah menambah kamar isolasi, tetapi dengan terus meningkatnya kasus COVID-19, namun RSUD dr Soekardjo masih belum bisa menampung pasien.

"Hal ini terjadi karena pasien yang datang tidak hanya dari Kota Tasikmalaya, tetapi dari Kabupaten Tasikmalaya juga ada yang dirujuk," katanya, Selasa (22/6/2021). Manajemen RSUD dr Soekardjo belum bisa menambah ruang isolasi lantaran masih banyak juga pasien umum yang harus ditangani.

Sementara itu data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya per tanggal 22 juni 2021 akumulasi kasus COVID-19 sudah mencapai 7.845 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 727 orang masih menjalani isolasi, 6.943 orang sudah sembuh, dan 185 orang meninggal dunia.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4089 seconds (0.1#10.140)