Diplomasi Rasa ala Ganjar Pranowo di Acara Sukarno Festival

Selasa, 22 Juni 2021 - 14:07 WIB
loading...
Diplomasi Rasa ala Ganjar Pranowo di Acara Sukarno Festival
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menjadi narasumber Sukarno Festival secara daring.
A A A
BLITAR - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi narasumber acara Sukarno Festival yang digelar secara virtual. Dalam acara tahunan yang digelar Sukarno Center ini, Ganjar menceritakan Buku Mustika Rasa karya Bung Karno.

Buku tersebut merupakan sebuah keputusan radikal dan revolusioner merubah menu rakyat yang hanya beras menjadi, beras, jagung, umbi-umbian dll bahan makanan yg tumbuh di Indonesia di tambah ikan dan daging.

Pemikiran Sukarno tentang resep masakan Indonesia yang ditulis dalam Buku Mustika Rasa ini adalah salah satu inspirasinya dalam melakukan diplomasi politik selama ini. Dengan makanan daerah dan ketika berunding di meja makan sangat efektif untuk membuahkan hasil.

Baca juga: Pas Ngebut Tabrak Orang, Pesepeda Ini Tersungkur dan Jatuh

"Itu adalah budaya kita orang Indonesia. Dan itu sangat efektif dan selalu membuahkan hasil sesuai dengan perencaan seperti yang dilakukan oleh Sukarno dalam konferensi Asia Afrika untuk memperjuangkan bangsa-bangsa di Asia Afika untuk merdeka bersama," kata Ganjar.

Ganjar Pranowo juga mengapresiasi penyelenggara Sukarno Festival karena bisa membawakan sebuah soft power pemikiran Bung Karno kedalam sebuah bahasa Festival. Karena masyarakat membutuhkan ide pemikiran Bung Karno yang ringan dan mudah dicerna.

Selain Ganjar Pranowo Hadir pula Wakil Walikota Blitar Tjutjuk Sunario yang menjabarka visi misi kota Blitar saat ini yang sangat pro dengan masyarakat. Bahkan dalam beberapa waktu yang lalu Pemerintah kota Blitar bekerja sama dengan Pemerintah di Korea Selatan ini adalah sebuah salah satu komitmen Tjutjuk dalam membangun Kota Blitar.

Sama dengan Ganjar Tjutjuk juga mengapresiasi Sukarno Festival karena acara ini adalah acara mandiri yang di selenggarakan oleh kelompok tanpa menggunakan anggran APBD tetapi mampu mengundang tokoh-tokoh nasional dan memberikan efek yang sangat efektif kepeda anak muda tenta wawasan kebangsan dan pemikiran Bung Karno tentunya.

Kordinator Sukarno Festival Upi Suprianto mengapresiasi semua narasumber yang mau bergotong royong untuk mensukseskan Sukarno Festivaterlaksananya festival ini bisa menjadi pemikiran yang baru masyrakat tentang Sukarno yang bukan hanya bercerita tentang perjuangan dan memerdekakan bangsa

Dia berharap Sukarno Festival 3 bisa hadir di tahun depan dan pemerintah bisa hadir dan berkalaborasi sehingga Sukarno Festival 3 menjadi festival Internasional yang menceritakan tentang ideologi Bung Karno dan bercerita karya karya Sukarno Sehingga memiliki efek ekonomi untuk masyrakat kota Blitar khususnya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1652 seconds (10.101#12.26)