Bangkitkan UMKM, 10 Food Truck Beroperasi di Kendari

Selasa, 22 Juni 2021 - 04:15 WIB
loading...
Bangkitkan UMKM, 10 Food Truck Beroperasi di Kendari
Peresmian 10 food truck kekinian yang kini mulai beroperasi di Kota Kendari, Sultra. Foto/Ist
A A A
KENDARI - Upaya membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi COVID-19 terus dilakukan. Seperti di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sebanyak 10 food truck kekinian kini mulai beroperasi.

Baca juga: Kepung Balai Kota Surabaya, Warga Madura: Kami Capek Tiap Hari Tes Antigen

Jumlah itu merupakan yang terbanyak yang pernah dirilis di Indonesia Timur. Peluncuran 10 unit food truck itu dihadiri langsung oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain, Ketua DPRD Kendari, Subhan dan CEO Sari Kreasi Boga (SKB) Food Eko Pujianto, Senin (21/6/2021).

Baca juga: Gawat! COVID-19 Varian Delta Masuk Jabar, Ridwan Kamil Minta Warga Tingkatkan Prokes

Jajaran Pemkot Kendari dan perwakilan masyarakat yang tergabung dalam Kendari Prenuer juga ikut menyaksikan peresmian food truck di Tambat Labuh, Kota Kendari. Eko menjelaskan 10 food truck kekinian itu dikelola oleh sumber daya lokal. Total ada 40 orang warga setempat yang direkrut sebagai pengelola.

"Sebelum (food truck) diresmikan, kami dari Jakarta lebih dulu memberikan pelatihan kepada calon pengelola, sehingga ada transfer knowledge dalam pengelolaan food truck ini," ujar Eko dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/6/2021).



Selain membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga setempat, Eko menyebut kehadiran food truck ini juga sebagai upaya pemerataan ekonomi di Indonesia Timur. Manajemen SKB Food akan mengakomodir produk-produk UMKM lokal agar memiliki daya saing. "Produk-produk itu akan dikurasi lebih dulu sebelum dipasarkan," paparnya.

Ke depan, Eko berharap hadirnya food truck ini dapat membangkitkan optimisme UMKM lokal. Khususnya UMKM kuliner atau resto. Inovasi UMKM, kata Eko, harus terus dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan zaman. "Di era sekarang, nampaknya kerja keras saja nggak cukup. Perlu kerja cerdas dan kerja kreatif. Untuk itulah food truck kekinian ini hadir," ujarnya.

Ketua Kendari Preneur Syarif Maulana mengatakan, food truck itu nantinya disebar di 10 titik di Kota Kendari. Diantaranya kawasan tugu eks MTQ yang merupakan salah satu pusat keramaian di Kendari. "Nanti juga ada yang keliling," katanya.

Wali Kota Kendari Sulkarnain mengapresiasi kehadiran food truck ini. Dia berharap masyarakat Kendari kian bersemangat mengembangkan UMKM meski di tengah pandemi COVID-19. "Kerjasama semacam ini sangat baik untuk membangkitkan UMKM," katanya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1483 seconds (11.252#12.26)