Rumah Sakit dan Puskesmas di Gresik Dipasok APD Anti Corona

Senin, 13 April 2020 - 13:41 WIB
loading...
Rumah Sakit dan Puskesmas di Gresik Dipasok APD Anti Corona
Penyerahan secara simbolis APD dari Dinkes Kabupaten Gresik, kepada Puskesmas, dan rumah sakit. Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Berbagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik. Salah satunya, mengirim alat pelindung diri (APD) ke seluruh Puskesmas dan rumah sakit (RS).

Model APD yang disuplai antara lain, coverall sebanyak 220 buah, masker N95 320 buah, face shield 334 buah. Kemudian thermo gun sebanyak 34, sepatu 96 pasang. Vitamin imboost 184 boks. Hand sanitizer 32 jirigen dan masker bedah 516 bok.

Kepala Dinkes Kabupaten Gresik, Saifuddin Ghozali menjelaskan, khusus masker N95 diperuntukkan bagi petugas medis yang berada di level 3. Petugas medis yang berhadapan di ruang isolasi.

"Bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan selama sepekan ke depan. Bahkan bisa lebih, sambil proses pengadaan," katanya, Kamis (9/4/2020).

Terkait anggaran yang disiapkan pemerintah sebesar Rp160 miliar, Ghozali menyebutkan bahwa untuk pembelian APD dari anggaran tersebut sudah terserap sekitar Rp8 miliar.

Anggaran juga diperuntukkan bagi kesejahteraan tim medis yang berada di garda terdepan. Kemudian, untuk tim yang tracing. Dan pembiayaan terkait dengan penanganan Covid-19 mulai dari Puskesmas, Klinik hingga Rumah Sakit semuanya ditanggung oleh APBD.

Sementara Soni, perwakilan Puskesmas Benjeng mengatakan, kendala yang dialami memang keterbatasan APD. Untuk melindungi diri, terpaksa petugas menggunakan jas hujan.

Bantuan yang diberikan itu dapat meringankan tenaga medis. Mengingat masih banyak yang menggunakan jas hujan sebagai APD. "Bantuan ini sangat bermanfaat mengingat pasien asal Benjeng ada yang positif Covid-19," ujarnya.
(yus)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3759 seconds (10.55#12.26)