Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Satgas Nemangkawi Sita Buku Catatan Teroris KKB, Ada Aliran Dana Pemkab Puncak Rp600 Juta

loading...
Satgas Nemangkawi Sita Buku Catatan Teroris KKB, Ada Aliran Dana Pemkab Puncak Rp600 Juta
Selain menangkap Ratius Murib alias Nelson Murib, penjual senjata api untuk teroris KKB, Satgas Nemangkawi juga menemukan buku berisi aliran dana. Foto/Ilustrasi
JAYAPURA - Satuan Tugas Penegakan Hukum (Satgas Gakum) Operasi Nemangkawi , berhasil menyita sejumlah barang bukti dari hasil penangkapan terhadap Ratius Murib alias Neson Murib, yang merupakan penjual senjata ke teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Baca juga: Neson Murib Penjual Senjata dan Amunisi ke KKB Intan Jaya Ditangkap Satgas Nemangkawi

Salah satu barang bukti yang berhasil disita adalah buku catatan aliran dana . Dalam buku catatan tersebut, ada data yang mencengangkan. Yakni, tercatat adanya aliran dana dari Pemkab Puncak, sebesar Rp600 juta.



Aliran dana itu berupa uang tunai dari Pemkab Puncak, untuk teroris KKB pimpinan Lekagak Telenggen, pada 6 Februari 2021. Selain itu, ada buku catatan pengeluaran dan pemasukan dana bantuan dari simpatisan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang akrab disebut teroris KKB .

Baca juga: Terlanjur Dihajar hingga Babak Belur Saat Ditangkap, Warga Pekanbaru Ini Ternyata Bukan Teroris



Satgas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi , juga menyita beberapa barang bukti milik Neson Murib, berupa buku catatan penolakan otonomi khusus, dan aksi penembakan di Kabupaten Puncak. Namun, Satgas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi belum bisa memastikan terkait kebenaran bukti transaksi aliran dana dari Pemkab Puncak yang ditemukan tersebut.

"Saat ini penyidik masih terus melakukan pendalaman penyidikan terkait bukti transaksi yang ditemukan, termasuk benar atau tidaknya aliran dana ke Lekagak Telenggen," kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi , Kombes Pol Iqbal Al Qudussy, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Ibu Guru Seksi Edarkan Sabu, Diringkus Polisi Saat Masih Kenakan Daster Hendak Pesta Terlarang
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top