Jakarta-Sumedang Kolaborasi, Bupati Dony Ungkap Harapannya kepada Anies Baswedan

Jum'at, 11 Juni 2021 - 19:48 WIB
loading...
A A A
"Di samping bidang pertanian dan UMKM, ke depan cakupannya bisa lebih luas lagi, bisa berupa produk holtikultura, investasi maupun pariwisata," kata Dony.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemda Kabupaten Sumedang ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat di Jakarta.

Jika pasokan kebutuhan pangan masyarakat di Jakarta aman, kata Anies, maka akan berimbas pada kestabilan harga pasar, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran masyarakat di Jakarta.

"Itulah tujuan utamanya. Mengapa Pemrov DKI Jakarta menjangkau ke berbagai wilayah, yaitu untuk memastikan agar pasokan di Jakarta aman," kata Anies.

Dikatakan Anies, selain untuk memastikan pasokan pangan aman, kerja sama tersebut juga merupakan sebuah program untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Menurutnya, jasa besar para petani dalam menyuplai kebutuhan pangan dibalas dengan harga gabah yang lebih tinggi sebagai bentuk apresiasi.

"Kita semua yang tinggal di perkotaan memiliki utang budi kepada para petani. Lewat program ini, kita membalas budi para petani dengan memberikan apresasi menggunakan harga yang lebih tinggi untuk gabah yang mereka hasilkan," ujarnya.

Ditambahkan Anies, kerja sama tersebut adalah sebuah kolaborasi antardaerah. Oleh karenanya, dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemda Kabupaten Sumedang dan Pemda Provinsi Jabar yang telah membantu memberikan bingkainya, sehingga BUMD DKI Jakarta dan BUMD Kabupaten Sumedang bisa kerja bersama.

"Tujuannya adalah keadilan sosial dan peningkatan kesejateraan bagi rakyat, bukan semata-mata aktivitas bisnis karena keduanya adalah alat yang dimiliki oleh pemerintah. BUMD adalah milik pemerintah, baik di DKI maupun Sumedang. Karena itu badan usahanya sepenuhnya untuk meningkatkan kesejahteraan," kata Anies.

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19 di sektor ketahanan pangan dan UMKM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)