Keren, Pria Blitar Ini Mampu Ciptakan Sepeda Tenaga Matahari

Selasa, 08 Juni 2021 - 22:14 WIB
loading...
Keren, Pria Blitar Ini Mampu Ciptakan Sepeda Tenaga Matahari
Lilik Suprawanto warga Kota Blitar dengan sepeda tenaga surya ciptaannya. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Lilik Suprawanto (54) warga Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar , Jawa Timurberhasil merakit sepeda angin bertenaga surya. Saking girangnya begitu energi matahari berhasil ia ubah menjadi arus listrik searah, dan mampu menggerakkan roda sepeda, Lilik langsung menjajalnya keliling kota.

Baca juga: Memilukan, Anak Menangis Histeris Melihat Ibunya Terlindas Truk di Pantura Tuban

"Sebenarnya masih perlu penyempurnaan. Tapi kalah dengan senang, langsung saya coba," tutur Lilik kepada Sindonews.com. Sepeda angin yang dipakai eksperimen bertenaga surya adalah sepeda buatan China. Seingat Lilik, saat kakaknya membeli untuk anaknya, sepeda elektrik itu tergolong keluaran awal.

Baca juga: Dibekuk, Ini Penampakan 6 Preman Pengeroyok Anggota TNI AL di Terminal Bungurasih

Dalam perjalanannya, sepeda tersebut tidak lagi dipakai. Akinya soak. Penyimpan strum itu rusak. Begitu juga dengan piranti chargernya ikut menyusul aus. Karena harganya relatif mahal, akhirnya dibiarkan saja, dan mangkrak. "Sudah lama tidak dipakai karena rusak. Lalu oleh kakak diberikan ke saya," terangnya.

Saat itu Maret 2020. Awal pandemi COVID-19. Lilik yang sudah tiga tahun memakai listrik energi matahari untuk kebutuhan rumah tangga, berfikir tentang sepeda tenaga surya. Pikirannya sederhana. Bagaimana berhenti merogoh kocek untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) sepeda motor.

Tidak lagi terbebani membayar pajak dan parkir tahunan. Sebab pandemi membuat situasi ekonomi serba sulit. Terutama ekonomi kerakyatan. "Minimal tidak lagi mengeluarkan uang untuk membeli bensin," kata Lilik yang sehari hari melayani servis elektronik. Sepeda pemberian kakaknya langsung diotak-atik.

Lilik mulai mengumpulkan piranti yang dibutuhkan. Ia siapkan panel surya berkapasitas 50 watt peak. Dua motor dengan masing masing berkapasitas 36 volt, baterei lithium, serta controller baterey managemen system. Untuk semua perkakas yang dibutuhkan, besar biaya yang dirogoh, kata Lilik, cukup lumayan.

"Panel surya harganya Rp1,2 juta. Satu motor Rp1,3 juta. Diperlukan 12 biji baterei lithium, di mana satu bijinya Rp50 ribu, control baterei Rp100 ribu dan cash control Rp50 ribu," tutur Lilik. Begitu semua terkumpul, Lilik sudah tidak sabar. Semua bahan berbasis elektronik itu langsung dirakit. Semua ia kerjakan seorang diri.

Panel yang berfungsi sebagai tandon energi itu ditempatkan di atas sepeda. Aluminium segi empat itu, dalam posisi memayungi. Agar tegak lurus, Lilik menopang dengan besi yang disambungkan dengan las pada kerangka sepeda. Sementara motor berada di tengah as roda sepeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)