Kamera Pengintai Tangkap Sosok Makhluk Misterius yang Gemparkan Warga Agam

Selasa, 08 Juni 2021 - 21:09 WIB
loading...
Kamera Pengintai Tangkap Sosok Makhluk Misterius yang Gemparkan Warga Agam
Camera trap yang mengintai pergerakan makhluk misterius yang menggemparkan Agam, Sumbar berhasil menangkap sosok bayangan beruang madu. Foto/Ist
A A A
AGAM - Camera trap yang mengintai pergerakan makhluk misterius yang menggemparkan Agam, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menangkap sosok bayangan. Hasil jepretan lensa camera trap menguak sosok makhkluk misterius berwarna hitam dengan rambut lebat dan berbau busuk.

Baca juga: Warga Agam Gempar, Muncul Penampakan Makhluk Hitam Berbulu Lebat dan Berbau Busuk

Misteri ini tersingkap setelah KSDA Agam selama sepuluh hari lebih melakukan penanganan terhadap informasi adanya kemunculan makhluk misterius di Palembayan, Kabupaten Agam. Resor KSDA Agam akhirnya mengungkap bahwa makhluk misterius yang menghebohkan itu adalah satwa beruang madu (Helarctos malayanus).

Baca juga: Pasien COVID-19 Membeludak, Ruang Isolasi Tiga RSUD di Bandung Barat Penuh

Kepala Resort Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Agama, Ade Putra mengatakan kesimpulan itu diperkuat setelah adanya pengecekan terhadap camera trap yang dipasang BKSDA sejak hari Sabtu (5/06/2021) lalu. Berdasarkan hasil rekaman camera trap terpantau satwa beruang madu melintas di depan kamera pada tanggal 6 dan 7 juni 2021.

“Pada hari Selasa (8/6), BKSDA melakukan pengecekan terhadap kamera yang dipasang. Dari 3 kamera yang dipasang, kamera 1 yang berada di jorong Pasa Palembayan berhasil menangkap gambar visual satwa yang melintas berjenis beruang madu,” kata Ade, Selasa (8/6/2021)

Lanjut Ade, kamera telah dipasang pada lokasi kemunculan makhluk misterius yang dilihat warga beberapa waktu sebelumnya. Dari 3 kamera yang dipasang, satwa beruang terpantau hanya pada 1 kamera yang berada di belakang rumah warga, Syofian (55) yang berjarak 10 meter dari pinggir jalan raya Palembayan-Simpang Patai, Palupuh. Kemudian kamera tempat Wali Jorong Palembayan Tangah, Khairul Amri melihat makhluk misterius di belakang rumahnya.

“Makhluk dengan ciri-ciri berbulu lebat, berdiri dua kaki dan berbau menyengat itu terlihat oleh Syofian. BKSDA yang sudah melakukan penanganan sebelumnya, sudah menduga bahwa makhluk itu diduga adalah beruang madu. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil identifikasi lapangan yang menemukan jejak dan cakaran identik dengan beruang madu,” katanya, Selasa (8/6/2021)

Namun informasi yang berkembang di masyarakat menyebutkan makhluk tersebut adalah makhluk gaib. Sehingga hal ini menimbulkan kehebohan dan keresahan warga setempat. Untuk menjawab keresahan warga, pada hari Sabtu (5/6/2021), BKSDA memasang camera trap (kamera jebak) sebanyak 3 unit. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran visual dari makhluk yang telah menghebohkan warga beberapa minggu ini.

“Dengan adanya hasil gambaran visual ini, bksda berharap masyarakat tidak resah dan khawatir terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat.Terkait satwa beruang madu, mengingat satwa berada di pemukiman warga dan telah muncul berkali-kali, maka direncanakan pada Rabu (9/6/2021) besok BKSDA akan mengevakuasi satwa dengan menggunakan perangkap,” jelasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0867 seconds (0.1#10.140)