Menkes: Warga Bangkalan Jangan Takut Tes Swab, Kalau Positif Nanti Dirawat

Selasa, 08 Juni 2021 - 19:31 WIB
loading...
Menkes: Warga Bangkalan Jangan Takut Tes Swab, Kalau Positif Nanti Dirawat
Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin didampingi Gubernur Jatim, wlikota Surabaya dan bupati Bangkalan meninjau langsung pos penyekatan dan tes rapid antigen di Jembatan Suramadu sisi Surabaya. Foto: SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Upaya untuk menekan jumlah penularan COVID-19 di Kabupaten Bangkalan terus dilakukan. Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin yang datang langsung ke Surabaya meminta warga Bangkalan untuk tidak takut ketika menjalani tes swab.

“Jadi ketika testing jangan merasa takut kalau dites, atau pun nanti ketemu positif nanti bisa dirawat diisolasi. Tidak usah terlalu khawatir," kata Budi Gunadi ketika meninjau pos penyekatan dan tes rapid antigen di Jembatan Suramadu sisi Surabaya, Selasa (8/6/2021).


Menkes juga sempat melihat langsung sejumlah warga yang dites rapid antigen. Saat itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur, Wali Kota Surabaya dan Bupati Bangkalan yang telah kompak menangani COVID-19 ini. “Saya percaya kalau ini bisa dikerjakan bersama-sama, ini harusnya bisa selesai,” ungkapnya.

Saat inikatanya,rumah sakit di Bangkalan itu harus dirajut dulu supaya tekanannya tidak terlalu besar. Sedangkan yang sudah sakit bisa juga dibawa ke Surabaya, karena Gubernur Jatim sudah siap membantu.

“Di Surabaya kapasitasnya bagus dan masih cukup. Tenaga kesahatan, perawat, dan obat-obatan, ventilator sudah kita tambah, sehingga tekananannya berkurang, Nakes gak usah terlalu keras kerjanya. Itu di sisi hilir,” tegasnya.



Sedangkanyang di sisi hulu,lanjutnya,yang penting pencegahannya jangan dikurangi. Bahkan, kalau bisa ditahan. Tinggal di rumah dulu. Nanti habis dua minggu kalau sudah turun, bisa jalan lagi. "Saya juga bilang pakai masker itu nomor satu. Saya sudah ngomong ke Pak Bupati dan juga kepada teman-teman di Bangkalan itu pakai masker lebih bagusdan testing terus dilakukan,” jelasnya.

Menurutnya, masih banyak yang takut untuk dites di Bangkalan. Namun, ia bersyukur karena di pos penyekatan yang ada di Surabaya banyak yang sudah merasa tidak takut untuk dites. “Alhamdulillah aku lihat di sini semuanya merasa gak takut lah untuk dites. Kalau tes hasilnya positif nanti dirawat,” ujarnya.

Sementara itu, Wali KotaSurabayaEriCahyadimengatakan,Kota Surabaya dan Bangkalan tidak bisa dipisahkan dalam menangani pandemi COVID-19 ini. Keduanya harus saling membantu dan bahu-membahu menyelesaikan permasalahan ini, karena Surabaya bisa membawa dampak ke Bangkalan, dan Bangkalan bisa berdampak ke Surabaya.



“Ini tidak bisa diselesaikan sendirian, kami sebagai pemimpin-pemimpin muda akan saling bahu-membahu menyelesaikan COVID-19 di Surabaya maupun di Bangkalan. Pak Menteri juga memberikan apresiasi kepada kita, karena kita tidak bisa melihat dari satu sisi saja,” katanya.

Menurutnya, penyekatanyang dilakukan di Surabaya ini sangat penting, karena ketika ada yang positif, maka akan mempermudah Pak Bupati Bangkalan untuk melakukan tracing di sana. Begitu pula sebaliknya. Sebab, orang Madura yang tinggal di Surabaya banyak, meskipun KTP-nya masih Madura. Orang Surabaya yang tinggal di Madura juga banyak, sehingga ini tidak bisa dipisahkan, karena ini satu kesatuan.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2560 seconds (0.1#10.140)