Lampu Peringatan Menyala Merah, 16 Warga Satu RW di Cibogo Lembang Positif COVID-19

Kamis, 03 Juni 2021 - 21:56 WIB
loading...
Lampu Peringatan Menyala Merah, 16 Warga Satu RW di Cibogo Lembang Positif COVID-19
Sebanyak 16 warga Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan swab antigen. Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Usai lebaran, kasus penularan COVID-19 terindikasi mengalami kenaikan. Salah satunya terjadi di Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), sebanyak 16 warganya dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan swab antigen.



Warga yang semuanya tinggal satu RW tersebut, terdeteksi setelah dilakukan swab antigen oleh petugas di Puskesmas Cikole, Lembang, pada Kamis (3/6/2021). "Betul, hari ini kami melakukan swab antigen dan diketahui ada 16 warga yang reaktif (positif) COVID-19 ," kata Kepala Puskesmas Cikole, Lembang, Iyan Hartono.



Mereka adalah warga Kampung Ciburial RW 3. Berdasarkan aturan ketika ada yang reaktif dari hasil swab antigen maka mereka harus langsung mengisolasi diri. Diduga mereka terpapar dari klaster perkumpulan keluarga .



Meskipun harus ditindaklanjuti dengan PCR untuk memastikan. Namun karena hasilnya tiga hari, maka sebagai antisipasi mereka tetap harus isolasi mandiri. Selama masa itu, mereka juga diminta tidak beraktivitas dulu.

Iyan menyebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak desa terkait dengan adanya 16 warga yang positif COVID-19 . Hal ini guna memastikan mereka menjalani isolasi mandiri dan tidak berpergian selama menjalani isolasi.



Pihaknya juga langsung melakukan prosedur 3T yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Khususnya kepada keluarga terdekat atau yang pernah berinteraksi dengan warga yang dinyatakan positif. Disarankan agar warga yang pernah berinteraksi untuk swab antigen guna memastikan kondisi kesehatannya.

"Selama pemberlakuan PPKM mikro, Tim Satgas Desa yang punya kewenangan. Makanya warga yang positif COVID-19 dan diminta isolasi mandiri akan diawasi oleh tim satgas," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3560 seconds (0.1#10.140)