Perdana, Pesawat Citilink Mendarat Mulus di Bandara Purbalingga

Kamis, 03 Juni 2021 - 12:52 WIB
loading...
Perdana, Pesawat Citilink Mendarat Mulus di Bandara Purbalingga
Pesawat Citilink mendarat mulus di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jateng Kamis (3/6/2021) pagi. para penumpang keluar pesawat dengan sumringah. Foto/iNews TV/Taufik Budi
A A A
PURBALINGGA - Pesawat Citilink jenis ATR berhasil mendarat mulus di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jateng, Kamis (3/6/2021) pagi. Setelah parkir dan mesin pesawat dimatikan, tak lama kemudian keluar para penumpang dengan wajah-wajah sumringah.

Baca juga: Runway Bandara Jenderal Besar Soedirman Rampung, Akses Udara Purbalingga Terbuka

Bagaimana tidak, para penumpang yang mayoritas berasal dari Purbalingga ini merupakan penumpang komersial pertama yang mendarat di bandara baru itu. Sejak diresmikan sebagai bandara komersil pada Selasa (1/6/2021), hari ini, Kamis (3/6/2021) adalah penerbangan komersil perdana di bandara tersebut.

Baca juga: Sosok Anies dan Ganjar di Mata Ridwan Kamil di Tengah Isu Pilpres 2024

Apalagi, kedatangan mereka disambut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dan jajaran pejabat penting lainnya. Sang pilot dan salah satu penumpang, mendapat kehormatan berupa pengalungan bunga oleh Ganjar dan Tiwi. Tak kalah serunya, di luar bandara, ratusan warga Purbalingga bersorak-sorak menyambut pendaratan pesawat komersil perdana di sana.

Ganjar sendiri mengatakan begitu bangga dengan dibukanya bandara Jenderal Soedirman Purbalingga sebagai bandara komersil. Sebab, itu merupakan sejarah panjang yang telah puluhan tahun dimimpikan.

"Saya senang sekali, hari ini pesawat Citilink berhasil mendarat dari Surabaya. Membawa 34 penumpang dan ini pendaratan pertama komersial di bandara Jenderal Soedirman ini. Ini mimpi besar sejak puluhan tahun dan hari ini terlaksana. The dream come true," katanya.

Ganjar ingat betul bagaimana panjangnya proses menjadikan bandara Jenderal Soedirman seperti saat ini. Pembahasan bandara itu sudah dilakukannya sejak ia masih menjadi anggota DPR RI.

"Sejak saya jadi DPR, sejak Pak Triyono masih jadi Bupati. Alhamdulillah sejarah panjang itu hari ini terwujud dan sudah ada pesawat yang mendarat," terangnya.

Dia berharap, dengan adanya Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, tak hanya masyarakat yang terbantu karena akses perjalanan semakin mudah. Ganjar berharap, bandara baru itu bisa menjadi awal yang baik untuk peningkatan ekonomi di wilayah Jateng bagian tengah.

"Mudah-mudahan ini awal yang baik untuk peningkatan ekonomi di wilayah ini. Tak hanya Purbalingga, tapi juga daerah sekitarnya seperti Banjarnegara, Banyumas, Pemalang, Cilacap, Kebumen dan lainnya," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga resmi diresmikan sebagai bandara komersial pada Selasa (1/6/2021). Dan hari ini, penerbangan komersil perdana berhasil dilakukan dengan selamat.

Maskapai yang siap melakukan penerbangan adalah Citilink. Perjalanan yang dilayani adalah Bandara Juanda Surabaya-Purbalingga-Halim Perdanakusuma Jakarta. Jadwal penerbangan dilayani seminggu dua kali, yakni Kamis dan Sabtu.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4092 seconds (0.1#10.140)