Sosok Anies dan Ganjar di Mata Ridwan Kamil di Tengah Isu Pilpres 2024

Kamis, 03 Juni 2021 - 11:09 WIB
loading...
Sosok Anies dan Ganjar di Mata Ridwan Kamil di Tengah Isu Pilpres 2024
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil seusai makan malam bersama Gubernur Sumsel, Herman Deru di Istana Gubernur Sumsel Griya Agung, Palembang, Rabu (2/6/2021) malam. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
PALEMBANG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku memiliki kedekatan personal dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kedekatan personal antara Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dengan Anies dan Ganjar itu kerap dihubung-hubungkan dengan isu Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: Ditagih Gubernur Sumsel, Ridwan Kamil Janji Segera Tata Ulang Sungai Musi Jadi Lebih Indah

Bahkan, sejumlah lembaga survei pun kerap menyebut tiga nama itu sebagai calon presiden (capres) potensial. Menurut Kang Emil, Anies dan Ganjar sama-sama datang dari satu generasi yang sama dengannya. Hal itulah yang membuat Kang Emil lebih mudah menjalin komunikasi hingga akhirnya terbangun kedekatan personal.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Indonesia Bisa Jadi Negara Adidaya, Ini Syaratnya

"Kami datang sama-sama dari satu generasi, tupoksinya kebetulan sama ngurus daerah, sama-sama gubernur, 50 persen Pak Anies, 50 persen Pak Ganjar, itulah cinta saya kepada beliau-beliau," ungkap Kang Emil seusai makan malam bersama Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru di Istana Gubernur Sumsel, Griya Agung, Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Rabu (2/6/2021) malam.

Kang Emil pun mencontohkan hubungan personal dengan Anies yang menurutnya sangat terjaga baik sejak lama itu, seperti saat dirinya dan Anies saling mengucapkan selamat lewat media sosial atas pencapaian Jabar yang meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI).

Diketahui, Anies sempat mengucapkan selamat di kolom komentar unggahan akun Instagram @ridwankamil mengenai penghargaan dari BPK RI tersebut. Ucapan itu pun ditanggapi oleh Ridwan Kamil yang sama-sama mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan.

Saling balas apresiasi itu pun kemudian ditanggapi sebagian besar netizen agar keduanya bisa berpasangan pada Pilpres 2024. Namun, Kang Emil menegaskan, dirinya dan Anies, termasuk Ganjar sudah terbiasa saling mengapresiasi kinerja masing-masing.

"Entah kenapa oleh media, saling menyapa hari ini selalu ditafsir selalu ada hubungannya dengan (Pilpres) 2024. Padahal, sebelumnya juga sama. Kita WA-an. Pak Anies ulang tahun saya posting," ujarnya.

"Dengan Pak Ganjar saya main. Saling mengapresiasi kan bagus daripada saling diam atau saling mengkritisi tanpa kejelasan. Budaya saling menguatkan sesama pemimpin harus dibangun," sambung Kang Emil.

Menurut dia, budaya saling menguatkan antarpemimpin bisa berpengaruh positif terhadap masyarakat yang psikologisnya saat ini cenderung mudah bertengkar.

Berkaitan dengan Pilpres 2024, Kang Emil mendoakan siapapun yang dipercaya maju dan terpilih agar bisa melaksanakan amanah dengan baik.

"Saya mendoakan siapapun yang ditakdirkan mendapatkan sebuah amanah di masa depan, saya akan bahagia sekali karena datang dari generasi yang sama," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)