Miris, Rumah Kontrakan Istri Ajudan Soekarno Berakhir 1 Juni, Tepat di Hari Lahir Pancasila

Senin, 31 Mei 2021 - 22:07 WIB
loading...
Miris, Rumah Kontrakan Istri Ajudan Soekarno Berakhir 1 Juni, Tepat di Hari Lahir Pancasila
Istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno saat berziarah ke makam suaminya, Serma R Koesno didampingi cucu dan anaknya. Foto: Istimewa
A A A
SEMARANG - Kisah miris yang menimpa pejuang kemerdekaan beserta keluarganya seolah tak kunjung usai. Kini giliran istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno , yang harus keluar dari rumah kontrakan karena masa sewanya habis per 1 Juni 2021.

Kabar itu pun sampai di telinga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dia mengatakan sangat terharu, karena 1 Juni merupakan Hari Lahir Pancasila . Sementara Pancasila pencetusnya adalah Bung Karno, yang sebelumnya dikawal oleh suami Oma Koesno, Serma R Koesno.

“Maka saya sampaikan, boleh tidak saya minta nomor telepon pemilik rumahnya. Ternyata benar, rumahnya mau diambil dan direnovasi,” kata Ganjar di rumah dinasnya, Senin (31/5/2021).



“Kalau direnovasi, kan Oma Koesno mesti meninggalkan tempat, padahal waktu itu hanya tinggal beberapa hari. Jadi setelah komunikasi dengan pemilik rumahnya, ya sudah saya bayar saja," ungkapnya.

Kisah Ganjar melunasi biaya kontrakan rumah selama setahun pun viral di media sosial. Dia mengaku tidak memiliki tujuan lain, kecuali hanya membantu keluarga Oma Koesno itu. Semuanya hanya lebih pada cerita kemanusiaan semata.

"Saya juga ndak tahu ternyata ramai dan diviralkan di medsos. Mungkin tangan Tuhannya begitu, wong saya juga ndak kenal. Ini hanya soal cerita kemanusiaan saja. Dia ajudannya Bung Karno kok, sama seperti saat saya membantu yang di Semarang (Kapten Sanjoto) yang juga pernah mengawal Bung Karno. Setelah ini mudah-mudahan kawan-kawan yang ada di Jabar, Depok dan sekitarnya bisa membantu (Oma Koesno),” ungkapnya.

Sebelum kisahnya membantu membayarkan biaya kontrakan, Ganjar mengatakan pernah membantu keluarga itu beberapa kali. "Sebenarnya ada cucunya Oma Koesno, kalau tidak salah namanya Roland. Ketika itu ada di media massa, kemudian ada yang CC ke medsos saya. Saya kan tidak tahu awalnya, kemudian saya minta cari. Ternyata cucunya Oma Koesno ini sudah mengirimkan direct message ke saya, kemudian kami ngobrol di sana," kata Ganjar.



Awalnya, Roland menceritakan bahwa Oma Koesno sudah sakit-sakitan. Usianya sudah 80 tahun lebih dan sering keluar masuk rumah sakit. "Kemudian saya tanya apa masalahnya, ternyata biaya rumah sakit. Oke, nanti saya bantu," katanya saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.9893 seconds (0.1#10.140)