Warga Satu RT di Kudus 11 Positif COVID-19 dan 1 Meninggal Dunia, Ganjar: Lockdown!

Senin, 31 Mei 2021 - 16:05 WIB
loading...
Warga Satu RT di Kudus 11 Positif COVID-19 dan 1 Meninggal Dunia, Ganjar: Lockdown!
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat melakukan sidak penanganan COVID-19 di Kabupaten Kudus. Foto/Ist.
A A A
KUDUS - Kasus COVID-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sudah mengkhawatirkan. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan sidak ke RT 5 RW 1 Desa Pedawang, Kecamatan Bae, dan menerima laporan di wilayah tersebut ada 11 orang positif COVID-19 , satu di antaranya meninggal dunia.



"Kalau sudah satu RT kasusnya banyak, 11 orang satu meninggal, maka sudah masuk zona merah," kata Ganjar. Tindakan Bupati Kudus, Camat hingga Desa lanjut Ganjar sudah betul, yakni melakukan pengetatan. Tidak boleh ada kegiatan warga di sana bahkan warung saja tutup.



"Pak Camat dan Pak Kades eksekusi di lapangan, Puskesmas tracing. Itu sudah betul. Tapi kalau kemudian masyarakat masih lalu lalang, saya usul ditutup . Maka ini yang disebut lockdown tingkat RT. Inilah fungsi PPKM Mikro, dengan cara itu mudah-mudahan bisa dikendalikan," tegasnya.

Ganjar juga mengingatkan agar penanganan kasus harus dilakukan dengan benar. Warga yang kedapatan positif COVID-19 tersebut, harus dipastikan menjalankan isolasi mandiri dengan baik.

"Kalau banyak, satu keluarga ada yang tertular, lebih baik diambil dibawa ke isolasi terpusat. Harapan kita bisa diisolasi, dipisahkan dari kelompoknya. Cara ini paling bagus, karena kalau isolasi di rumah biasanya tidak disiplin, dan itu bahaya karena keluarga yang sehat bisa tertular ," terangnya.



Ganjar menegaskan akan terus memantau penanganan COVID-19 di Kudus. Pihaknya akan terus memberikan bantuan dalam rangka percepatan penanganan itu. "Nanti pemprov bantu, pusat juga bantu, termasuk kabupaten/kota di sekitar Kudus juga akan bantu. Karena ini butuh penanganan bersama, jadi harus kompak," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2992 seconds (0.1#10.140)