Gasak Besi SUTET, Kawanan Pencuri Ini Nyaris Gelabkan Cirebon hingga Brebes

Senin, 31 Mei 2021 - 14:58 WIB
loading...
Gasak Besi SUTET, Kawanan Pencuri Ini Nyaris Gelabkan Cirebon hingga Brebes
Petugas Satreskrim Polresta Cirebon, meringkus dua dari tiga pelaku pencurian besi Saluran Udara Tegangan Tinggi (Sutet). Foto/iNews TV/Toiskandar
A A A
CIREBON - Aksi gila dilakukan dua pencuri berinisial GI, dan IS. Keduanya nekat mencuri besi Saluran Udara Tegangan Tinggi (Sutet) milik PT PLN. Akibat aksinya ini, jaringan listrik Cirebon, hingga Brebes, nyaris padam.



Ada sebanyak 240 batang besi yang berhasil digasak oleh kawanan pelaku ini. Mereka ditangkap setelah polisi mendapati penadah hasil curian tersebut. Akibatnya, PT PLN mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.



GI dan IS hanya bisa pasrah saat diciduk anggota Satreskrim Polresta Cirebon. Keduanya dicokok di rumahnya tanpa perlawanan. Kapolresta Cirebon, Kombes Po. M. Syahdudi menyebutkan, kawanan ini beranggotakan tiga orang, dua berhasil ditangkap dan satu masih buron.



Ketiga tersangka melakukan pencurian di delapan Sutet yang berada jauh dari pemukiman, dengan mengambil waktu sore dan malam hari. Saat beraksi tersangka bermodalkan dua kunci mur atau baud, untuk melucuti besi pengikat sutet tersebut.

"Kasus pencurian besi ini berhasil terbongkar, setelah petugas menemukan penadah hasil curian dari para tersangka. Petugas melakukan penyelidikan dan berhasil mencokok kedua tersangka," tuturnya.



Dari tangan tersangka, petugas menyita ratusan unit besi, kunci gogol, dan sepeda motor. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukumannya minimal lima tahun penjara.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)