Terobosan Kapolda NTB Ini Dinilai Mampu Turunkan Angka Kriminalitas

Senin, 31 Mei 2021 - 03:23 WIB
loading...
Terobosan Kapolda NTB Ini Dinilai Mampu Turunkan Angka Kriminalitas
Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol M Iqbal. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
MATARAM - Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) , Irjen Pol M Iqbal yang telah setahun memimpindinilai mampu meningkatkan danmenjaga keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) . Dalam rentang waktu setahun itu, banyak torehan dan prestasi yang diraih mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu.

Baca juga: Warning Kapolda NTB: Pengunjung Mal Melebihi Kapasitas 50% Bakal Ditutup

Penanganan kriminalitas di NTB terus ditingkatkan upaya preventif dan premptive, melakukan deteksi dini dan pencegahan. Sehingga angka kriminalitas di NTB selama setahun turun drastis.

Baca juga: Viral, Pengunjung Pantai Batu Bintang Sukabumi Kocar-kacir saat Diterjang Air Pasang

Direktur Al Mentra Institute, Karman BM menilai mengakui, ada sejumlah prestasi yang berhasil ditorehkan Irjen Pol M Iqbal. Saat memulai tugasnya di NTB, Iqbal membangun persepsi publik bahwa tugas yang dipikul oleh kepolisian tidak bisa dijalankan sendirian.

Melainkan harus bersinergi dan kolaborasi dengan instansi lain seperti TNI, pemerintah daerah, badan-badan pemerintah vertikal dan bahkan kelompok aktivis mahasiswa, pemuda, LSM dan tokoh-tokoh lokal. Para tokoh di luar kepolisian itu dianggap sebagai tim dalam menjaga Kamtibmas.

"Dalam membangun tim yang solid itu, dia sering mengunjungi rumah para tokoh dan berkomunikasi baik dengan menggunakan perangkat digital seperti instagram dan video call maupun bersilaturahmi langsung," papar Karman, Minggu (30/5/2021).

Karman yang merupakan aktifis kepemudaan dan warga NTB menuturkan, sinergi dan kolaborasi itu terlihat dari semua program yang dilakukan. Seperti lomba kampung sehat dan kampanye sehat. Dua program yang melibatkan semua komponen masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19, serta mengawal penyelenggaran Pilkada yang aman damai.

"Kapolda mengambil tanggung jawab untuk menjaga hak masyarakat tetap sehat, ekonominya hidup dan hak-hak politik warga terpenuhi. Terbukti pengendalian kasus COVID-19 berhasil, aktifitas ekonomi bergairah dan Pilkada aman damai tanpa ada konflik horizontal," ungkapnya.

Selain catatan itu, dalam rentang waktu kurang lebih lima bulan, sosok Iqbal yang dikenal bersahabat dengan semua pihak itu, berhasil mengamankan proyek strategis Mandalika tanpa ada yang cidera.

Hal itu dilakukan dengan cara membentuk tim percepatan penyelesaian Mandalika yang terdiri dari berbagai unsur lembaga negara vertikal yang ada di NTB, di antaranya BPN, kejaksaan, pengadilan dan pemda.

"Kerja tim ini memadukan legitimasi publik dan kepastian hukum. Dan dalam proses pembebasan lahan Mandalika berjalan lancar tidak ada korban," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)