Ditantang TPNPB OPM Perang Terbuka di Pegunungan Tengah, Kapolda Papua Tanggapi Santai

Jum'at, 28 Mei 2021 - 00:38 WIB
loading...
Ditantang TPNPB OPM Perang Terbuka di Pegunungan Tengah, Kapolda Papua Tanggapi Santai
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripaty
A A A
JAYAPURA - Tantangan perang terbuka yang datang dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) , sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM), atau yang sering disebut teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), ditanggapi santai saja oleh Kapolda Papua , Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri.



Prajurit TNI-Porli, ditantang TPNPB OPM perang terbuka di wilayah Pegunungan Tengah Papua . Dalam tantangan itu, pimpinan TPNPB OPM Lekakak Telenggen yang bermarkas di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua , telah menyiapkan lokasi untuk perang terbuka.



Menanggapi hal itu, Mathius D. Fakhiri menyatakan, pola penanganan Polri dan TNI terhadap teroris KKB di wilayah Pegunungan Tengah Papua , telah berubah karena lebih mengedepankan cara persuasif.



Cara persuasif ini, menurut jenderal polisi bintang dua tersebut, seusai pengarahan yang disampaikan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat berkunjung ke Jayapura .

Panglima TNI dan Kapolri telah melakukan pertemuan tertutup dengan tokoh masyarakat dan adat, serta sejumlah kepala daerah di wilayah Pegunungan Tengah Papua , Kamis (27/5/2021). "Kita kan masih mau berkomunikasi dengan dia, kalau dia turun saya dengan Bapak Pangdam akan jemput dan perlakukan dia sebagaimana warga negara lainnya," ujar Mathius Fakhiri, Kamis (27/5/2021).



Mathius Fakhiri mengatakan, selama ini belum ada upaya komunikasi antara aparat keamanan dengan pimpinan teroris KKB tersebut. Namun, dia memastikan hal itu akan berubah agar penuntasan masalah KKB tak berujung dendam. "Kita berharap ada hal saling menguntungkan. Selama ini kan belum dicoba, saya berharap semua masyarakat yang mencintai Tanah Papua ini damai. Mari satu hati," kata dia.



Juru bicara TPNPB OPM , Sebby Sambom melalui keterangan tertulis menyatakan, Lekagak Telenggen bersama anggotanya telah menyiapkan lokasi perang di wilayah Muara Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak. "Ingat bahwa lapangan perang militer TPNPB OPM sudah ditempatkan di Muara Kabupaten Puncak, itu pun sampai detik ini pasukan TNI/Polri belum masuk area perang," ujarnya.

Seby menegaskan, sampai saat ini Lekagak Telenggen, dan kelompoknya belum keluar dari Kabupaten Puncak. "Lekagak menunggu TNI/Polri di Muara. TNI/Polri boleh masuk perang lawan pasukan TPNPB ," kata dia.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)