Panen Raya: Harga Ikan Air Tawar Anjlok, Patambak Kecewa

Kamis, 27 Mei 2021 - 16:45 WIB
loading...
Panen Raya: Harga Ikan Air Tawar Anjlok, Patambak Kecewa
Harga tidak bersahabat harus diterima para petambak di Lamongan Jawa Timur. Saat ini harga semua jenis ikan terjun bebas. Meski harga hancur, para petambak tetap memanen. Foto SINDOnews
A A A
LAMONGAN - Harga tidak bersahabat harus diterima para petambak di Lamongan Jawa Timur. Saat ini harga semua jenis ikan terjun bebas. Meski harga hancur, para petambak terpaksa memanen ikan di lahan tambak mereka, lantaran untuk persiapan masuk musim tanam padi.

Per hari ini (Kamis, 27/5/21) harga di pasar ikan jalan Kusuma Bangsa, Lamongan menunjukkan harga ikan Bandeng Rp12 ribu per kilogram, Mujaer, Sombro dan Bader (putih) Rp8 ribu per kilogram. Sedang Vanamie hanya Rp35 dan paling atas Rp40 ribu per kilogram.

Para petambak harus menerima kenyataan harga hancur. Namun masa panen tidak bisa ditunda lagi, lantaran masuk musim kemarau ini segera beralih ke tanam padi. "Meski harga ancur-ancuran, petambak tetap memanen ikannya," kata petambak asal Glagah, Khoirul Anwar.

Jika diantara petambak lembur pelihara ikan, dan saat ini tidak serentak ikut panen, maka kerugian akan lebih parah. Selain tidak bisa tanam padi, biaya yang dikeluarkan untuk lembur juga lebih tinggi.Bayangkan saja, kata Khoirul, kalau lembur, kebutuhan air akan bertambah. Air banyak bocor ke tetangga tambak.

Untuk mencukupi kebutuhan air di tambak, petani juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pompanisasi air. Lebih parah lagi, petambak tidak akan bisa menutup kerugian saat pelihara ikan sebelumnya. "Simalakama, tidak tanam padi semkin hancur. Untuk tanam padi sekarang juga harus mengorbankan panen ikan dengan harga yang sama sekali tidak bersahabat, " gerutu Khoirul.

Dalih hukum pasar, pasokan barang tinggi akan dibarengi dengan harga rendah, menurut Khoirul, menjadi kebiasaan yang dihadapi para petambak Lamongan. "Jangan berdalih petambak salah waktu panen, karena serempak, " tandasnya.

Ia mewakili petambak lainnya, meminta pemerintah hadir ketika mendapati kenyataan harga ikan seperti ini. Pemerintah bisa mengetuk pabrikan untuk berpihak pada petambak.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Ikan melalui salah satu staf, Ani kepada wartawan mengungkapkan, dalam dua pekan terakhir harga ikan tidak stabil, naik turun. " Ini memasuki musim panen ikan, " katanya. Pihak UPT Pasar Ikan hanya bisa mengawasi, tidak bisa menentukan harga pasti.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)