Wajah Sumringah Para Lansia Surabaya saat Digerebek Petugas Gabungan

Kamis, 20 Mei 2021 - 18:11 WIB
loading...
Wajah Sumringah Para Lansia Surabaya saat Digerebek Petugas Gabungan
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 pada lansia dikawasan Tambaksari Surabaya, Kamis (20/5/2021). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Petugas gabungan dari Polsek, Koramil, hingga kelurahan di Kecamatan Tambaksari Surabaya melakukan aksi gerebek para lansia. Mereka menyisir satu persatu rumah padat peduduk di kawasan Pacar Kembang.

Kedatangan para petugas yang dikawal Kapolsek Tambaksari Kompol M. Akhyar, Camat Tambaksari Surabaya Ridwan Mubarun dan Danramil Tambaksari Kapten Infanteri Sumartono, tersebut bukan untuk melakukan razia kependudukan atau mencari warga yang baru saja mudik. Para petugas ini membawa lusinan vaksin COVID-19 untuk disuntikkan pada lansia. Alhasil, warga yang awalnya kaget berubah jadi sumringah.

Baca juga: Punya Ribuan Koleksi Buku dan Unik, Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan Lolos Tingkat Provinsi

Yakoep misalnya. Lansia 80 tahun ini mengaku seperti mendapat oase di padang pasir. Bagaimana tidak, keinginan dia untuk mendapat vaksin akhirnya terpenuhi setelah sebelumnya gagal karena stok vaksin di Puskesmas habis.

"Saya sangat gembira diperhatikan oleh pemerintah. Dulu sampai Puskesmas habis dan belum ada informasi. Ini malah didatangi, sangat memudahkan," katanya.

Camat Tambaksari Surabaya, Ridwan Mubarun, mengatakan penyisiran lansia di kampung-kampung ini sengaja digelar lantaran masih banyak lansia yang belum mendapatkan vaksin oleh Puskesmas.

Baca juga: 2 Warga Pamekasan Selundupkan Sabu Dalam Termos, Tak Berkutik Saat Diringkus Polisi

"Sejak kami mengetahui data bahwa masih banyak lansia yang belum mendapatkan vaksin oleh Puskesmas, maka kami membentuk tim Gerebek Vaksin Kecamatan Tambaksari Surabaya," kata dia.

Ridwan melanjutkan, Gerebek Vaksin ini sekaligus untuk memberikan pemahaman pada masyarakat yang selama belum mau menerima vaksin COVID-19. Saat melakukan gerebek vaksin, ternyata ditemukan sejumlah lansia yang kondisinya tidak memungkinkan untuk datang ke Puskesmas.

Baca juga: Tim Gerebek Vaksin Kecamatan Tambaksari Surabaya Sisir Para Lansia

"Makanya kita buat program ini. Lansia langsung di vaksin dirumahnya masing-masing. Ini sesuai dengan tagline kita, yakni lansia sehat, anak cucu bahagia," ujarnya.

Dari data yang ada, di wilayah kecamatan Tambaksari Surabaya masih ada sekitar 3000 lebih lansina yang belum divaksin. Hanya saja, dari data tersebut tidak semua lansia tinggal di Tambaksari.

"Cuma dari data itu, alamatnya ada disini tapi mereka tidak tinggal disini. Yang banyak seperti itu. Tapi kita upayakan bagi yang tinggal disini tetap mendapat vaksin," tegasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6139 seconds (0.1#10.140)