Selama Libur Lebaran, PJT I Perketat Prokes Delapan Lokasi Wisata di Jatim

Kamis, 20 Mei 2021 - 00:45 WIB
loading...
Selama Libur Lebaran, PJT I Perketat Prokes Delapan Lokasi Wisata di Jatim
Perum Jasa Tirta (PJT) I selaku pengelola delapan lokasi wisata waduk atau bendungan di Jawa Timur (Jatim) tetap melakukan pengetatan protokol kesehatan COVID-19.
A A A
SURABAYA - Perum Jasa Tirta (PJT) I selaku pengelola delapan lokasi wisata waduk atau bendungan di Jawa Timur (Jatim) tetap melakukan pengetatan protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Ini menyesuaikan kebijakan pemerintah daerah setempat dalam mengoperasionalkan lokasi wisata.

Kepala Sub Divisi Air Bersih, Pengembangan dan Jasa Lain PJT I, Inni Dian Rohani menjelaskan, tidak semua lokasi wisata yang dikelola PJT I dibuka untuk umum. Dari delapan lokasi, tiga ditutup sementara menyesuaikan kebijakan pemkab setempat. Diantaranya, Taman Wisata Wlingi dan Lodoyo di Blitar sejak 12-17 Mei 2021 dan Taman Wisata Bening di Madiun sejak 4-17 Mei 2021.

Baca juga: Tersangka Kasus Dugaan Penganiayaan ART Dijebloskan ke Tahanan

Kendati ditutup, pihak PJT I tetap melakukan perawatan lokasi wisata dan menyiagakan petugas di pos masuk lokasi wisata Wlingi dan Lodoyo serta Bening. "Giat personel ketiga taman wisata adalah merawat aset dan meminta putar balik pengunjung yang datang ke lokasi," katanya, Rabu (19/5/2021).

Sedangkan lima lokasi taman wisata bendungan yang tetap beroperasi, yakni Bendungan Lahor di perbatasan Blitar dan Malang, Bendungan Karangkates Malang, Bendungan Selorejo Malang, Bendung Gerak Waruturi Kediri, dan Bendungan Wonorejo Tulungagung.

Inni Dian menjelaskan, lima tempat wisata yang dikelola PJT I tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pengunjung yang masuk diharuskan berasal dari wilayah sesuai dengan rayon lokasi wisata dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau membawa hasil Rapid Antigen Negatif.

Baca juga: Hendak Mudik Berbekal Hasil Rapid Test Editan, Sekeluarga dari Bogor Berurusan dengan Polisi Lamongan

"Pengetatan prokes ini dilakukan dengan penyekatan dan pembatasan di pintu masuk pariwisata. Dengan adanya penyekatan yang dilakukan kami meminta pengunjung untuk kembali ketika persyaratan yang diminta tidak terpenuhi," jelasnya.

Hal lain yang menjadi perhatian khusus PJT I untuk lokasi wisata yang dubuka selama masa pandemi adalah terkait keselamatan. "PJT I sangat memperhatikan keselamatan para wisatawan. Di antaranya dengan melengkapi perlengkapan safety di setiap wahana yang tersedia, seperti perahu wisata serta memastikan batasan maksimal jumlah penumpang perahu," tuturnya.

Inni Dian menambahkan, dua taman wisata yang dikelola yaitu Pariwisata Selorejo dan Pariwisata Bening telah tersertifikasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. "Untuk Selorejo dan Bening sudah tersertifikasi CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan)," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)